Find Us On Social Media :

Media Vietnam Sampai Keheranan, Bak Mendapat Harta Karun Dadakan, Polah Orang Indonesia Ini Berburu Emas Ini Jadi Sorotan Sebut Hasilnya Tak Sepadan Efeknya

By Afif Khoirul M, Kamis, 23 Desember 2021 | 17:55 WIB

Pemburu Emas di Indonesia ini menjadi sorota oleh media Asing.

Intisari-online.com - Banyak penduduk di desa-desa di pulau Lombok, tempat gunung berapi Rinjani masih aktif, mengatakan melakukan penambangan emas secara bertahap.

Hal ini membuatnya "hidup kembali" selama epidemi Covid-19, meskipun ada larangan ketat dari pemerintah negara tersebut.

"Saya tidak punya pekerjaan lain selain menggali emas," kata Sukma.

Sebagian besar rumah di pulau Lombok berisi peralatan dan mesin dasar untuk penambangan emas, seperti yang dicatat oleh Al Jazeraa.

Baca Juga: Padahal Bukan Emas, Harta Karun Raja Sulaiman Konon Sangat Diinginkan Orang Yahudi, Rupanya Isinya Hal 'Sakral' Ini

Selain itu media Vietnam pun menyoroti situasi tersebut, media 24h.com.vn, menulis berita tersebut dengan mengatakan, 'Penambang emas "terkutuk" di pulau vulkanik di Indonesia: Sakit turun temurun'

Orang-orang di sini sering menggunakan merkuri, logam yang sangat beracun, untuk mendulang emas.

"Kami memahami bahaya merkuri, tetapi harganya sangat murah. Menemukan emas adalah satu-satunya cara bagi kami untuk mengubah hidup kami," kata Muhammad Yusuf, 24, penambang emas delapan tahun di pulau Lombok.

Seiring dengan "kebangkitan" penambangan emas, semakin banyak anak-anak di pulau Lombok yang memiliki cacat lahir yang tidak diketahui penyebabnya.

Baca Juga: Misteri Kalung Hering Tutankhamun, Emas Lambang Dewi Pemakan Bangkai yang Ditempatkan di Dada Mumi Mesir, Bukan Digunakan Sebagai Ornamen Belaka, Lalu untuk Apa?