Find Us On Social Media :

Sulap Kapal 'Kiriman' Kubilai Khan Jadi Armada Tempur Terbaik Seantero Asia Tenggara, Inilah Mpu Nala, Arsitek Kekuatan Maritim Majapahit yang Wujudkan Ambisi Gajah Mada

By Khaerunisa, Selasa, 21 Desember 2021 | 17:50 WIB

Diorama bernama Armada Perang Majapahit Abad Ke-14 yang terletak di Diorama Sisi 1 di lantai dasar Tugu Monas, Jakarta, Rabu (29/1/2020).

Intisari-Online.com - Selain Gajah Mada, sosok Mpu Nala juga berjasa besar bagi kerajaan Majapahit.

Dengan kemampuannya, Mpu Nala turut berperan mewujudkan ambisi Gajah Mada untuk menjadikan Majapahit penguasa Nusantara.

Seperti banyak diketahui, Gajah Mada terkenal dengan sumpahnya, yaitu Sumpah Palapa.

Sumpah itu diikrarkan ketika Gajah Mada diangkat menjadi Patih Amangkubumi Majapahit.

Baca Juga: Saat Armada Majapahit 'Menebar Teror' di Laut China Selatan Gara-gara Bajak Laut Filipina dan Tiongkok Sekongkol Berulah hingga Binasakan 'Pengkhianat'

 "Lamun huwus kalah Nusantara isun amukti palapa, lamun kalah ring gurun, ring Seran, Tanjung Pura, ring Haru, ring Pahang, Dompo, ring Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, Samana isun amukti palapa."

Artinya, "Jika telah mengalahkan Nusantara, saya (baru akan) melepaskan puasa. Jika mengalahkan Gurun, Seram, Tanjung Pura, Pahang, Dompo, Bali, Sunda, Palembang, Tumasik, demikian saya (baru akan) melepaskan puasa."

Untuk mencapainya, Gajah Mada pun memerlukan kekuatan maritim yang mendukung, disadari bahwa menyatukan pulau-pulau di Nusantara tidak bisa dilakukan hanya melalui jalur darat.

Kemudian, Mpu Nala-lah yang ditunjuk menjadi arsitek kekuatan maritim Majapahit yang begitu melegenda. Apa yang dilakukan Mpu Nala untuk membangun kekuatan maritim Majapahit?