Find Us On Social Media :

Dari Gila Wanita Hingga Gila Harta, Kala Gus Dur Berkelakar Sebut Indonesia Pernah Dipimpin oleh Orang-orang Gila, Siapa Saja yang Dimaksud?

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 18 Desember 2021 | 12:25 WIB

Guyonan khas Gus Dur

Intisari-Online.com – Hingga saat ini, Indonesia sudah dipimpin oleh tujuh orang Presiden, sejak bangsa ini memproklamasikan kemerdekaannya.

Mendiang Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, adalah Presiden keempat yang selalu melontarkan guyonan khasnya.

Bisa dibilang, bahwa guyonan yang dilontarkan Gus Dur adalah guyonan ‘berkelas’, bahkan bisa masuk ke dalam pergaulan internasional.

Bahkan jika bertemu dengan tamu-tamu dari luar negeri, tak jarang Gus Dur melontarkan candaan segar dan spontan.

Baca Juga: Pantas Berani Suruh-suruh Jokowi Pecat Sri Mulyani Cuma Gara-gara Anggaran, Ternyata MPR Punya 6 Kesaktian Ini, Gus Dur Pernah Jadi 'Korbannya'

Termasuk ketika pertemuan Gus Dur dengan mantan Presiden Kuba, Fidel Castro, yang dituangkan Mahfud MD dalam bukunya Setahun Bersama Gus Dur, terbitan Rajagrafindo (2010).

"Fidel Castro, Presiden Cuba yang angker itu, pernah dipancing tawa bahaknya oleh humor  Gus Dur," tutur Mahfud, sebagaimana dilansir dari bukunya.

Ketika itu, Gus Dur bercerita tentang empat orang yang pernah menjadi presiden di Indonesia, memiliki masalah dengan kegilaan.

Dalam kelakarnya itu Gus menyebutkan bahwa Presiden pertama, yaitu Soekarno, gila wanita.

Baca Juga: Gus Dur Selesaikan Konflik Papua Tanpa Bedil, Banyak Tokoh Masyarakat Papua Termasuk Pihak Papua Merdeka Hadiri Undangan Gus Dur pada 1999