Find Us On Social Media :

Diprediksi Bakal Bangkrut Usai Tambang Minyaknya Mengering, Ekonomi Timor Leste Justru Dinyatakan Bakal Pulih, Bahkan Ada Sektor yang Disebut Naik Dua Kali Lipat

By May N, Jumat, 17 Desember 2021 | 16:51 WIB

Ilustrasi ladang minyak Timor Leste

Intisari - Online.com - Setelah mengalami dua bencana berturut-turut Covid-19 dan bencana alam, ekonomi Timor Leste menunjukkan beberapa tanda pemulihan.

Serta, pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) aktual diprediksi meningkat dari 1,9% tahun 2021 menurut data terbaru Bank Dunia, 'Laporan Ekonomi Timor Leste: Menstabilkan Kapal' yang dirilis kemarin.

Situasi Covid-19 di Timor Leste telah mulai lebih baik ketika pelaksanaan vaksinasi lanjut dipercepat dan jumlah kasus Covid-19 turun.

Sebanyak 71% dari populasi masyarakat Timor Leste telah menerima sebanyak satu kali suntikan vaksin Covid-19 dan 57% dari masyarakat sudah menerima vaksin secara penuh.

Baca Juga: Kisah Panjang 4.000 Warga China Pindah dan Hidup Menetap di Timor Leste, Rupanya Ada 'Desas-desus' Menjanjikan Ini

Namun kesenjangan vaksin tetap ada, dengan rata-rata sebanyak 30% populasi sudah divaksin di berbagai distrik.

Mengutip miragenews.com, penerimaan dari pajak penjualan dan cukai meningkat sementara kredit rumah tangga meningkat dikarenakan belanja publik tumbuh sebesar 20,3%.

Inflasi meningkat sampai 3.6% dalam kuartal kedua 2021, didorong besar-besaran oleh meningkatnya harga makanan, minuman, alkohol dan tembakau.

Namun PDB non-minyak berkontraksi sebanyak 8,6% tahun 2020 dan pemerintah mengumpulkan 11,3% kurang dari pendapatan lokal selama paruh pertama 2021.

Baca Juga: Sama-sama Berkedok Agama Seperti Herry Wirawan, Pendeta AS Ini Menjelma Jadi Predator Anak di Timor Leste, para Korban Malah Diintimidasi oleh Warga, Kok Bisa?