Find Us On Social Media :

Militer Negaranya Bahkan Sama Sekali Tak Diperhitungkan Dunia, Tentara Timor Leste Tiba-tiba Bekerja Sama dengan Armada Terbesar Angkatan Laut AS, Ada Apa?

By Khaerunisa, Rabu, 8 Desember 2021 | 18:40 WIB

Militer Timor Leste.

Intisari-Online.com - Begitu Timor Leste lepas dari Indonesia, negara muda ini membentuk pasukan pertahanannya yang bernama Forças de Defesa de Timor Leste atau Falintil-FDTL, sering juga disingkat sebagai F-FDTL).

F-FDTL yang bertugas untuk mempertahankan dan melindungi Timor Leste didirikan pada Februari 2001.

Seperti diketahui, wilayah yang dahulu bernama Timor Timur ini lepas dari Indonesia melalui referendum yang digelar pada 30 Agustus 1999.

Pemungutan suara tersebut menghasilkan keputusan bahwa separuh wilayah di Pulau Timor tersebut lepas dari Indonesia dan menjadi negara merdeka.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste: Didekatkan pada Kemerdekaan Usai Peristiwa Santa Cruz yang Tewaskan Ratusan Orang, Rencana Kedatangan Bekas Penjajahnya yang Jadi Awal Mula Tragedi Ini

Dua dekade berlalu sejak Timor Leste merdeka dan memiliki angkatan bersenjatanya sendiri, tetapi militer negara ini masih belum diperhitungkan dunia untuk bersaing dengan militer negara lain di kawasan Asia Tenggara.

Misalnya pada daftar peringkat kekuatan militer Asia Tenggara menurut Global Fire Power (GFP), Timor Leste belum masuk dalam daftar tersebut.

Untuk diketahui, dalam daftar tersebut (GFP 2021) Indonesia menduduki peringkat pertama, disusul Vietnam dan Thailand pada peringkat 2 dan 3.

Siapa sangka, meski militernya belum diperhitungkan dunia, Timor Leste kabarnya terlibat kerja sama dengan Armada Terbesar Angkatan Laut AS, ada apa?