Find Us On Social Media :

Mobil Listrik Makin Dilirik, Termasuk Indonesia, Inilah Lokasi Para Investor Produsen Otomotif Benamkan Investasi Besar-besaran

By May N, Rabu, 8 Desember 2021 | 19:17 WIB

Kawasan Industri Indonesia Morowali (IMIP) di Sulawesi Tengah

Intisari - Online.com - Sektor kendaraan listrik sudah mulai menarik banyak investor, dengan banyak negara sudah mulai serius menanamkan investasi di sektor ini.

Produsen otomotif seluruh dunia juga mulai banyak menanamkan investasi untuk pengembangan mobil listrik dan teknologi baterai.

Reuters melaporkan produsen otomotif di seluruh dunia diperkirakan akan menginvestasikan USD 515 miliar (Rp 7.360 triliun) sampai 2030 untuk pengembangan mobil listrik dan teknologi baterai.

Investasi dilakukan demi transisi dari mobil mesin pembakaran internal (internal combustion engine/ICE) berbahan bakar minyak (BBM) menuju mobil listrik guna memenuhi target penurunan emisi karbon di sektor otomotif yang kian menantang.

Baca Juga: Baru Saja Izinkan China Tambang Seluruh Tambang Nikel dan Lithium, Dunia Malah Siap Singkirkan Baterai Ion-Lithium demi Sumber Energi Lebih Terbarukan Ini, Rugikah Indonesia?

Hyundai Motor mengatakan jika pihaknya berencana menginvestasikan 40 miliar rupee, setara dengan USD 530 juta untuk meluncurkan enam kendaraan listrik di India tahun 2028.

Tarun Garg, Direktur Penjualan dan Pemasaran Hyundai Motor India, mengatakan bahwa Hyundai Motor, produsen mobil terbesar kedua di India, akan meluncurkan kendaraan listrik (EV) pertamanya pada tahun 2022 yang merupakan model listrik yang terjangkau dan berkualitas tinggi, termasuk kendaraan sport (SUV), dan sedan.

"Kami ingin menjadi kontributor utama kisah mobil listrik India," kata Gag kepada Reuters yang di lansir Rabu (8/12).

Cabang India dari Hyundai Motor menyatakan dalam siaran pers bahwa investasi tersebut akan digunakan untuk penelitian dan pengembangan untuk meluncurkan enam model.

Baca Juga: Krisis Evergrande China Mulai Rugikan Seluruh Dunia, Malah Negara Eropa Ini yang Duluan Rasakan Akibatnya