Penulis
Intisari-Online.com -Belakangan ini muncul isu mengenai pertanyaan mengapa IDF (Pasukan Pertahanan Israel) baru sekarang secara penuh dan lantang mempersiapkan opsi serangan udara untuk menghancurkan program nuklir Iran.
Padahal, sudah sejak Mei 2019, Teheran mulai secara terbuka dan terang-terangan melanggar batas kesepakatan nuklir 2015 JCPOA dan terus mengembangkan program nuklirnya.
Melansir The Jerusalem Post, Rabu (8/12/2021), mantan perdana menteri Benjamin Netanyahu dan Perdana Menteri saat ini Naftali Bennett (dan sampai batas tertentu Menteri Pertahanan Benny Gantz) saling melontarkan kritik atas masalah ini.
Meski demikian, satu masalah yang menyatukan ketiganya adalah bahwa mereka semua memiliki tanggung jawab atas kurangnya kesiapan.
Netanyahu adalah perdana menteri sepanjang periode 2019-2021 ketika Iran melanjutkan pelanggarannya – sekarang lebih dekat dengan bom nuklir daripada sebelumnya.
Tetapi Gantz telah menjadi menteri pertahanan sejak 17 Mei 2020, dan tidak melakukan apa pun untuk bergerak ke arah kesiapan serangan yang lebih besar.
Begitu pula Bennett yang menjabat menteri pertahanan sejak 12 November 2019 hingga 17 Mei 2020, dan tidak mengambil tindakan untuk menggerakkan IDF agar lebih siap menyerang.
Pertanyaan tentang mengapa tidak ada dari mereka yang merasa perlu untuk memerintahkan IDF untuk menyiapkan opsi serangan potensial menjadi semakin tajam.
Seperti banyak masalah besar dan kuat, jawabannya kompleks.
Pertama, dari Juli 2015 hingga Mei 2019, tidak ada alasan untuk memiliki opsi serangan siap.
Menjaga opsi seperti itu pada siaga langsung menghabiskan biaya miliaran dan menghilangkan sumber daya yang langka dari masalah penting lainnya.
Seperti sumber daya untuk mendanai pertahanan rudal dan drone untuk melawan Hizbullah dan Hamas, menemukan solusi untuk tantangan terowongan serangan baru Hizbullah dan Hamas, atau meningkatkan dan mengubah kemampuan pasukan keamanan untuk mengatasi tantangan keamanan dari Suriah, Sinai dan Tepi Barat.
Mantan kepala IDF Gadi Eisenkot percaya hingga hari ini bahwa salah satu manfaat utama dari JCPOA adalah memberi Israel ruang bernapas selama bertahun-tahun untuk berinvestasi dalam memerangi ancaman gelap lainnya.
Kedua, Republik Islam memulai secara perlahan dan selalu bergerak dalam langkah-langkah yang diramalkan dengan hati-hati untuk setiap pelanggaran nuklir, dengan pelanggaran baru setiap dua bulan.
Langkah aslinya hampir tidak berarti, karena melanggar aspek teknis dari kesepakatan tetapi tidak lebih dekat dengan bom.
Jadi tidak ada alasan Israel untuk khawatir dan menguras sumber daya untuk memerangi ancaman keamanan lainnya.
Baca Juga: Apa Saja Contoh Pengamalan Sila ke-1 di Sekolah yang Anda Tahu?
Faktanya, fokus pada 2019 sedikit keliru.
Garis merah nyata pertama yang dilintasi Iran yang diabaikan Netanyahu dan Bennett (dan Gantz tidak melakukan apa-apa ketika menjabat) adalah pada Maret 2020, ketika mereka telah memperkaya uranium tingkat rendah yang cukup untuk satu bom nuklir.
Kemudian pada Mei 2020, Republik Islam itu mengumumkan tidak akan melanjutkan pelanggaran nuklir baru, tetapi hanya akan terus memperkaya uranium tingkat rendah.
Ada juga perasaan kuat bahwa Iran tidak akan terlalu dekat dengan bom selama musim pemilihan AS.
Namun mengapa Israel tidak bersiap-siap untuk mengambil tindakan sebelum Iran melewati garis merah pada Maret 2020 masih menjadi pertanyaan kuat.
Sebagian dari jawabannya adalah bahwa bahkan jika tidak mempersiapkan tindakan terbuka, Israel bersiap-siap untuk menyerang fasilitas nuklir Republik Islam dengan tindakan rahasia.
Pada Juli 2020, fasilitas nuklir utama di Natanz dihancurkan, membuat kemajuan Iran mundur sekitar sembilan bulan.
Titik balik nyata berikutnya terjadi antara November 2020 dan Januari tahun ini.
Pada November 2020, kepala nuklir Iran Mohsen Fakhrizadeh dibunuh.
Meskipun pada prinsipnya ini bisa membuat program nuklir Iran mundur sedikit, dalam praktiknya kemarahan mereka begitu kuat sehingga pada Januari tahun ini, Iran telah membalas dengan melompati pengayaan mereka ke tingkat rata-rata 20%.
Ini seharusnya benar-benar menjadi alarm bagi Netanyahu dan Gantz untuk menyiapkan IDF karena mencapai level 20% sebenarnya adalah sebagian besar kerja keras di jalur pengayaan.
Mereka malah memutuskan untuk mengandalkan Mossad lagi.
Bagaimanapun, trik itu telah menunda Iran sekali dengan sedikit biaya pada Juli 2020, dan Iran setidaknya masih beberapa bulan lagi untuk menyelesaikan jalur pengayaan uranium ke tingkat persenjataan.
Juga, Iran telah mencapai tingkat 20% sebelum kesepakatan 2015, jadi Netanyahu dan Gantz mungkin berpikir bahwa ini adalah titik pemberhentian para ayatollah.
Pada bulan April tahun ini, fasilitas Natanz bawah tanah yang baru diserang secara diam-diam.
Sekali lagi, reaksi Teheran melewati batas baru – kali ini tingkat pengayaan 60%.
Sebenarnya tidak ada penjelasan mengapa eselon politik dan IDF tidak menyiapkan opsi militer saat ini.
Mungkin itu adalah campuran kemajuan bertahap yang membuat Israel tertidur seperti bagian dunia lainnya, karena mengandalkan Mossad, dan penolakan umum karena terjebak dalam krisis.
Apa pun alasannya, sudah ada kerugian besar bagi keragu-raguan Israel.
Iran telah menuai tingkat pengetahuan baru yang besar yang tidak dapat dijatuhkan, bahkan jika Israel pada titik tertentu memerintahkan serangan untuk memperlambat kemajuan fasilitas nuklir fisik tertentu.