Find Us On Social Media :

Desa di Lumajang Hancur Usai Dihantam Erupsi Gunung Semeru, Desa di Jepang Ini Malah Berdiri Tepat di Kawah Gunung Berapi, Kok Bisa?

By Tatik Ariyani, Selasa, 7 Desember 2021 | 17:52 WIB

Aogashima, Laut Filipina.

Intisari-Online.comErupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, terjadi Sabtu (4/12/2021) pada pukul 15.00 WIB.

Akibat peristiwa tersebut, Desa Lumajang pun hancur.

Wakil Bupati Lumajang Indah Amperawati mengatakan, sebagian besar rumah warga yang berada di Dusun Curah Kobokan, Lumajang, Jawa Timur, rusak akibat awan panas guguran Gunung Semeru.

Akibatnya, lanjut Indah, warga yang berada di dusun itu terpaksa mengungsi.

Baca Juga: Tak Terjadi Secara Tiba-tiba, Gunung Berapi Biasanya Berikan Tanda-tanda Alam Sebelum ‘Muntahkan’ Isi ‘Perutnya’, Ini Pernyataan Ahli dan Pengakuan Warga Sekitar Gunung Semeru

"Hampir semua rumah hancur di Curah kobokan, sebagian besar (warganya) mengungsi di Balai Desa Penanggal," kata Indah lewat keterangan tertulis seperti dikutip Kompas.com dari Antara, Minggu (5/12/2021).

Berdasarkan data dari BNPB, erupsi Gunung Semeru hingga Minggu pagi telah menyebabkan 13 orang meninggal dunia dan puluhan orang terluka serta mengakibatkan kerusakan rumah warga.

Sementara Desa Lumajang hancur karena erupsi Gunung Semeru, desa ini justru terletak di kawah gunung berapi.

Yakni Desa Aogashima di Laut Filipina, Jepang.

Baca Juga: Tidak Tinggalkan Ibunya Saat Semeru Meletus, Ibu dan Anak Ini Ditemukan Meninggal dalam Keadaan Berpelukan, Kondisi Keduanya Saat Dievakuasi Begitu Menyayat Hati