Digembar-gemborkan Sebagai Penyebar Monoteisme Pertama di Muka Bumi, Benarkah Firaun Akhenaten Mempengaruhi Nabi Musa dan Kelahiran Monoteisme Dunia?

May N

Penulis

Akhenaten adalah seorang firaun Mesir yang memerintah selama sekitar 17 tahun.

Intisari - Online.com -Menentang cara penyembahan tradisional Mesir Kuno kepada banyak dewa yang sudah dilakukan berabad-abad lamanya, Firaun Mesir Akhenaten membuat dekrit selama masa kekuasaannya di pertengahan abad ke-14 Sebelum Masehi (SM).

Ia menyuruh untuk menyembah hanya satu dewa saja: dewa matahari Aten.

Akhenaten sering disebut sebagai penyebar monoteisme pertama di muka bumi.

Pertanyaannya adalah apakah monoteismenya kemudian mempengaruhi Nabi Musa dan lahirnya monoteisme Israel?

Baca Juga: Dikenal sebagai Raja Terbesar dalam Sejarah Mesir Kuno, Mengapa Akhenaten Sampai Dikuburkan 3 Kali, Benarkah Dia Mati Sebanyak 3 Kali?

Mengutip biblicalarchaeology.org, profesor antropologi Brian Fagan mendiskusikan pertanyaan menarik ini.

Raja Mesir Akhenaten, yang berarti "Efektif untuk Aten", namanya sebenarnya adalah Amenhotep IV, berkuasa dari 1352 sampai 1336 SM.

Pada tahun kelima dalam masa kekuasaannya, ia memindahkan istana kerajaan dari Thebes ke situs baru di Mesir Tengah.

Akhetaten (horizon Aten) yang kini menjadi Tell el-Amarna adalah lokasi tersebut dan di sana diperintahkan dibangun kuil megah untuk Aten.

Baca Juga: Diproklamirkan Sebagai Dewa Utama Mesir Kuno, Firaun Amun Mengkombinasikan Diri dengan Dewa Ra, Kultus Keilahian Ini Berlangsung Lama Hingga Pemerintahan Akhenaten yang Mengakui Hanya Ada Satu Tuhan

Akhenaten mengklaim menjadi satu-satunya yang punya akses terhadap Aten, sehingga membuat keberadaan para pendeta tidak penting.

Kemudian dalam artikel yang diterbitkan Biblical Archaeology Review berjudul "The Monotheism of the Heretic Pharaoh", Donald B. Redford, yang menggali kuil paling awal Akhenaten di Karnak (Thebes modern), ia menggambarkan bagaimana Akhenaten memulai pemujaan Aten:

"Kultus dari dewa matahari muncul dari "perang" antara "Dewa Baik" (Akhenaten) dan dewa-dewa lainnya. Hasil perang ini adalah kemenangan bagi yang pertama dan kekalahan bagi sisanya. Akhenaten menguasai kuil dan secara bertahap menutup kuil untuk para dewa yang lainnya: tempat yang sebelumnya mereka duduki kemudian dihancurkan. Kultus, ritual dan mitologi kemudian dikutuk, dan literasi diedit untuk menghapus tuduhan yang tidak diinginkan. Nama-nama diubah untuk menghapus elemen penguat kebencian; dan kota-kota di mana dewa tua disembah kemudian ditinggalkan oleh pengadilan dan pemerintah.

Akhenaten menghancurkan banyak, ia menciptakan sangat sedikit. Tidak ada mitologi yang dirancang untuk dewa barunya. Tidak ada simbolisme yang diperbolehkan di dalam seni atau kultus, dan kultus itu sendiri dikurangi hanya menjadi satu aksi sederhana menawarkan kepada altar. Sinkretisme tidak lagi mungkin: dewa Akhenaten tidak menerima dan menyerap, ia mengecualikan dan memusnahkan."

Baca Juga: Sampai Bikin Pendeta Mesir Kuno Mati-matian Menghapusnya dari Sejarah, Inilah Akhenaten, Firaun Pertama yang Kenalkan Monoteisme, Lebih Dulu dari Nabi Musa?

Kemudian menurut Brian Fagan, monoteisme Akhenaten dengan monoteisme Nabi Musa termasuk berbeda.

"Monoteisme Israel berkembang melalui berabad-abad diskusi, deklarasi keimanan dan interaksi dengan masyarakat lain dan keyakinan lain," tulis Fagan.

"Secara kontras, monoteisme Akhenaten berkembang besar-besaran karena penguasa monarki absolut berkuasa di tanah yang terisolasi, di mana kata-kata firaun dianggap kuat dan hukum yang wajib. Itu merupakan eksperimen yang layu dengan cepat."

Ketika Tutankhaten, anak kedua Akhenaten, atau yang kemudian menjadi Raja Tutankhamun, berkuasa, ia bekerja dengan penasihatnya.

Baca Juga: Termasuk Membangun Tembok Kota dengan Tumpukan Jasad Puluhan Ribu Warganya, Beginilah Keanehan Tentang Para Firaun yang Tidak Diketahui Banyak Orang

Ia mengembalikan cara penyembahan banyak dewa seperti cara Mesir sebelum ayahnya berkuasa dan mengembalikan pemimpin Dewa, Amun.

Tutankhaten juga mengubah namanya menjadi Tutankhamun berarti "gambaran hidup Amun."

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik?
Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di sini

Artikel Terkait