Find Us On Social Media :

Bak Terkena Kutukan Sampai Diberi Julukan ‘Hiroshima’, Kapal Selam Nuklir Soviet Ini Sungguh Bernasib Buruk, Bahkan Sejak Pembangunannya Alami Serangkaian Kecelakaan Aneh

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 23 November 2021 | 14:55 WIB

Kapal selam Soviet K-19

Intisari-Online.com – Malangnya kapal selam nuklir Soviet K-19 ini mungkin bisa jadi legenda cerita rakyat, kisah nasib buruk beberapa pelaut di laut.

Selama pembangunannya saja, serangkaian kecelakaan aneh menimpa pekerja galangan kapal yang ditugaskan untuk membuat K-19 laik laut.

Ini terjadi pada akhir tahun 1950-an, ketika Uni Soviet mengejar pembangunan kapal selam nuklir Amerika.

Kapal selam K-19 dimaksudkan untuk menjadi  yang pertama di kelasnya.

Baca Juga: Untuk Pulihkan Kapal Selam Soviet yang Tenggelam pada Masa Perang Dingin, CIA Sampai Harus Turun Tangan dengan Buat Cakar Raksasa Seperti Ini, Ada Misi Apa di Baliknya?

Kapal selam itu dilengkapi dengan rudal balistik, nuklir yang mampu memberikan pukulan telak ke garis pantai AS.

Proyek ini sangat penting karena tahun 1961 ketika kapal selam melakukan pelayaran pertamanya, Perang Dingin berada di ambang menjadi termonuklir.

Namun, konstruksi kapal selam bak dibuat dengan tergesa-gesa, menyebabkan sepuluh kematian sebelum kapal selam selesai di galangan kapal Severodnivsk di ujung utara Uni Soviet.

Proyek 658, atau kapal selam Kelas Hotel, mengalami masa konstruksi yang merepotkan.

Baca Juga: Pantes Amerika Sampe Kehilangan Muka, Terkuak Ternyata Kapal Selam Amerika yang Dijuluki Mobil Mewah Ini Sampai Rusak, Gara-Gara Nabrak Benda Raksasa Ini