Find Us On Social Media :

Beratnya Capai 11 Kilogram dan Berlapiskan Lapis Lazuli, Begini Kisah Ketika Jenggot Firaun Tutankhamun Copot

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 23 November 2021 | 15:00 WIB

Ketika Jenggot Firaun Tutankhamun Copot

Intisari-Online.comTutankhamun adalah seorang firaun Mesir dari dinasti ke-18, yang memerintah dari 1332 SM-1323 SM.

Dia mulai memerintah saat berusia 9 tahun dan meninggal dalam usia 19 tahun.

Kuburannya yang nyaris utuh, yang termasuk sebuah peti mati dan topeng jenazah dari emas, ditemukan tahun 1922 oleh arkeolog Inggris, Howard Carter, di Lembah Para Firaun di Luxor.

Topeng emas padat dari firaun remaja itu merupakan salah satu barang peninggalan kuno paling berharga dari Museum Mesir, yang juga menjadi tempat mumi Firaun Ramses II.

Baca Juga: Sampai Arkeolog Geleng-geleng Kepala Dibuatnya, Walaupun Cacat dan Ayahnya Dibenci Seluruh Mesir Kuno, Firaun Tutankhamun Dikubur dengan 117 Kilogram Emas, dari Mana Asalnya?

Benda pusaka itu beratnya 11 kg dan berlapiskan lapis lazuli dan batu-batu semimulia. 

Melansir Kompas.com, pada 2014 silam sebuah kejadian mengenai topeng emas Firaun Tutankhamun terjadi.

Delapan karyawan Museum Mesir, Kairo, diajukan ke sebuah pengadilan tata tertib karena gagal memasang kembali jenggot topeng Tutankhamun yang copot.

Mereka adalah anggota staf Museum Mesir, Kairo yang sedang memindahkan topeng jenazah berusia 3.300 tahun dari firaun remaja itu dari kotak pamernya untuk memperbaiki lampu sorotnya.

Baca Juga: Kerajaannya Berdiri 700 Tahun, Konon Alexander Agung yang Dianggap Setengah Dewa oleh Orang Mesir Kuno Menangis saat 'Tak Ada Lagi Dunia untuk Ditaklukkan' Saking Berkuasanya