Find Us On Social Media :

Korbankan Hingga Ribuan Nyawa Rakyat Surabaya dalam Pertempuran Hebat di Surabaya Inilah yang Jadi Alasan Mengapa Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 18 November 2021 | 06:30 WIB

Kondisi salah satu sudut di Kota Surabaya ketika pertempuran 10 November 1945

Intisari-Online.com – Tanggal 10 November diperingai oleh bangsa Indonesia sebagai Hari Pahlawan.

Selama dua tahun belakangan ini, peringatan Hari Pahlawan cukup diperingati dari rumah saja dengan mendengarkan pidato Presiden Joko Widodo melakukan upacara peringatan di Taman Malam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Kalau biasanya diadakan dengan meriah, pandemi Covid-19 membuat kita memperingati Hari Pahlawan dengan cara yang sesederhana mungkin, cukup dengan menonton siaran peringatan dari pemerintah.

Mengapa tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan?

Baca Juga: Inilah Sosok Bung Tomo, Pahlawan yang Gelorakan Semangat Perjuangan Kala Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Taat Agama yang Tolak Poligami, Pernah Kritik Bung Karno

Ketika itu tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran hebat di Surabaya.

Pertempuran ini merupakan terbesar pertama setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945.

Juga disebut sebagai pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia, yang menjadi simbol nasional atas perlawanan Indonesia terhadap kolonialisme.

Pertempuran ini terjadi antara pihak tentara Indonesia dengan pasukan Inggris yang masuk ke Surabaya sebagai pasukan Sekutu.

Baca Juga: Cerita-cerita Tak Terdengar dari Pertempuran 10 November 1945, Termasuk Ketika Bung Tomo Disekap