Find Us On Social Media :

Inilah Sosok Bung Tomo, Pahlawan yang Gelorakan Semangat Perjuangan Kala Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Taat Agama yang Tolak Poligami, Pernah Kritik Bung Karno

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 16 November 2021 | 15:40 WIB

Bung Tomo

Intisari-Online.com – Setiap tanggal 10 November bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan.

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan berdasarkan Surat Keputusan Presiden atas Pertempuran Surabaya yang melatarbelakanginya.

Pertempuran Surabaya yang terjadi pada 10 November 1945 di Surabaya telah memakan korban ribuan rakyat Indonesia dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Di tengah semangat para pemuda Surabaya yang bertempur melawan kolonialisme Belanda, hadirlah sosok Bung Tomo yang menggelorakan semangat rakyat Indonesia untuk tidak menyerah.

Baca Juga: Terjadi Pertempuran Hebat di Surabaya yang Makan Korban Jiwa Hingga Ribuan Orang, Lalu Mengapa Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan?

Bung Tomo, dikenal sebagai sosok pemberani  sekaligus pahlawan yang religius.

Bung Tomo juga dikenal sebagai tokoh di Indonesia yang paling menolak keras poligami.

Dalam buku biografi Bung Tomo (2019) yang ditulis Abdul Waid, dikisahkan bahwa pria dengan nama asli Sutomo itu terlahir dari keluarga yang religius.

Dikenal sebagai muslimah yang taat, ibunya mengajari Sutomo shalat, puasa, zakat, mengaji, dan ibadah.

Baca Juga: Apa Latar Belakang Terjadinya Perang 10 November 1945 di Surabaya Bisa Jadi Karena Rakyat Surabaya Tak Pedulikan Ultimatum dari Tentara Sekutu Ini