Find Us On Social Media :

Dikaitkan Kehamilan dan Persalinan, Inilah Heqet, Dewi Katak Mesir Kuno yang Dipercaya Bertanggung Jawab atas Pembentukan, Penciptaan, dan Kelahiran Setiap Makhluk dengan Menggunakan Ini!

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 16 November 2021 | 13:15 WIB

Dewi Heqet dan Dewa Khnum, yang bertanggung jawab pembentukan, penciptaan, dan kelahiran setiap makhluk di Mesir Kuno.

Intisari-Online.com – Dalam mitologi Mesir Kuno, banyak dewa dan dewi yang dipercaya  dalam setiap kehidupan bangsa ini.

Dewi Heket, dikenal juga sebagai Hekat dan Heqet, adah dewi kesuburan dan perkecambahan biji-bijian Mesir.

Dewi ini juga dikaitkan dengan kehamilan dan persalinan.

Namun, arti di balik namanya tidak jelas, tetapi sumber terpercaya menjelaskan bahwa itu berasal dari kata ‘heqa’ yang berarti ‘penguasa’ atau ‘tongkat kerajaan’.

Baca Juga: Inilah Senet, Permainan Papan pada Masa Mesir Kuno untuk Mencapai Dunia Bawah, Makna Ritual Demi Kehidupan Abadi, Dibawa Hingga Pemakaman

Sering digambarkan sebagai wanita dengan kepala katak dengan pisau di tangannya, Heqet diyakini sebagai simbol kesuburan dan kelimpahan.

Mungkin karena di Mesir, ketika Sungai Nil banjir maka muncul katak entah dari mana, hampir seolah-olah seperti sihir, atau begitulah yang diyakini bangsa Mesir Kuno.

Orang Mesir Kuno tidak memiliki istilah untuk bidan yang membantu persalinan, maka para pendeta disebut sebagai ‘pelayan Heqet’.

Heqet, dipercaya sebagai dewi tua, yang salah satu patung kultus awalnya diidentifikasi dari periode Predinastik akhir.

Baca Juga: Menjadi Peradaban yang Paling Maju, Inilah 7 Penemuan Terbaik Mesir Kuno Melengkapi Semua Kebutuhan, Digunakan Hingga Sekarang, Tak Lekang oleh Waktu