Find Us On Social Media :

Dibalut Janji-janji Muluk dan Selangit, Timor Leste Terkecoh dengan Tawaran dari Mulut Berbusa Australia untuk Keruk Lagi Kekayaan Negara Itu Sampai Tak Bersisa

By May N, Sabtu, 30 Oktober 2021 | 08:59 WIB

Lewat perusahaan Australia satu ini, warga Timor Leste mengharapkan sumur minyak di daratan Timor Leste menghasilkan pendapatan menjanjikan

Intisari - Online.com - Eksploitasi minyak bumi yang dilakukan Australia di Timor Leste belum menunjukkan tanda hendak berakhir.

Padahal, tahun 2020 lalu terkuak bukti yang bocor ke media jika Australia berniat untuk mengeksploitasi Timor Leste, lewat sebuah rekaman rahasia.

Namun kini, Timor Leste masih menerima perusahaan Australia manapun yang ingin menambang minyak bumi di Bumi Lorosa'e.

Mengutip Energy Voice, perusahaan Australia Timor Resources telah meresmikan sumur daratan pertama di Timor Leste lebih dari 50 tahun.

Baca Juga: 24 Tahun 'Dicengkeram' Rezim Otoriter Soeharto Membuat Prediksi Para Pemimpin Indonesia tentang Timor Leste Ini Jadi Meleset Jauh

Sebelumnya, Timor Leste masih menerima pengeboran minyak dan gas di tempat mereka karena sudah bertahun-tahun lamanya mereka terlalu bergantung pada sumber migas yang diolah Australia.

Perdana Menteri Timor Leste, Taur Matan Ruak, secara resmi telah meluncurkan situs pengeboran dari sumur Feto Kmaus dalam kontrak pembagian produksi (PSC) TL-OT-17-08 di Suai.

Kali ini, pengeboran ini dilakukan di daratan Timor Leste, bukan pengeboran lepas pantai.

"Prospek sumur daratan Timor Leste telah lama dibicarakan dan akhirnya kami memulai mengebor eksplorasi sumur modern, secara aman dan efisien, mengejar masa depan lebih cerah bagi warga Timor Leste," ujar Suellen Osborne, kepala eksekutif dari Timor Resources, bagian dari perusahaan manufaktur Nepean Group, lewat Linkedlnnya.

Baca Juga: 'Saya Tak Mau Ambil Risiko Ini,' 2 Alasan Cerdas di Balik Keputusan BJ Habibie Putuskan Timor Leste Merdeka Dipuji Banyak Pihak