Find Us On Social Media :

Pantesan Dunia Heboh Saat Tau Harta Karun Sriwijaya Bertebaran di Indonesia, Terkuak Kemasyuran Keraan Sriwijaya Ternyata Begitu Melegenda Hingga Diprediksi Lenyap Akibat Tragedi Tragis Ini

By Afif Khoirul M, Kamis, 28 Oktober 2021 | 10:35 WIB

Harta karun peninggalan kerajaan Srwijaya di dasar sungai Musi.

Intisari-online.com - Harta karun bernilai jutaan dollar AS, yang ditemukan di Indonesia kini menjadi sorotan dunia.

Harta karun yang ditemukan selama lima tahun terakhir, di Sungai Musi diyakini sebagai peninggalan kerajaan Sriwijaya dan dongeng pulau emas di Sumatera.

Menurut legenda, kerajaan Sriwijaya sangat terkenal di zaman kuno, memiliki julukan pulau emas atau Swarnadwipa, peradaban dengan kekayaan tak terbayangkan yang berusaha ditemukan penjelajah dunia, sekitar abad ke-14.

Namun pencarian tersebut sia-sia dengan hasil yang tidak pernah dijelaskan.

Baca Juga: 'Pilot Berjuang Bawa Pesawat ke Atas', Penyelidik Akhirnya Ungkap Kemungkinan Besar Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182, Karena Benda Penting Ini!

Alhasil, situs Sriwijaya ditemukan oleh nelayan lokal, yang melakukan penyelaman di malam hari di Sungai Musi dekat Palembang, di Pulau Sumatera.

Hasilnya mereka menemukan patung Buddha abad ke-8 yang seukuran aslinya, bertahtakan batu permata yang diperkirakan nilainya jutaan dollar.

Lalu masih banyak temuan lain seperti emas, permata yang hanya layak dikenakan para raja.

Menurut peneliti Inggris, Dr Sean Kingsley, mengatakan Sriwijaya sebagai dunia air, orang-orang tinggal di sungai seperti manusia perahu modern.

Baca Juga: Black Box CVR Sriwijaya Air SJ 182 Akhirnya Ditemukan, Pantas Saja Susah Payah Dicari Hingga Berbulan-Bulan Baru Ditemukan, Rupanya Beginilah Sulitnya Menemukan Benda Penting Itu