Find Us On Social Media :

'Pilot Berjuang Bawa Pesawat ke Atas', Penyelidik Akhirnya Ungkap Kemungkinan Besar Penyebab Jatuhnya Sriwijaya Air SJ 182, Karena Benda Penting Ini!

By Mentari DP, Jumat, 2 April 2021 | 13:30 WIB

Sriwijaya Air penerbangan SJ182 jatuh pada Sabtu (9/1/2021).

Intisari-Online.com - Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 rute Jakarta ke Pontianak jatuh pada Sabtu (9/1/2021) pukul 14.40 WIB.

Pesawat itu mengangkut 62 jiwa. Rinciannya, 6 kru, 56 penumpang (46 dewasa, 7 anak, dan 3 bayi).

Dilaporkan pesawat Boeing 737-500 itu jatuh di antara Pulau Laki dan Pulau Lancang, Kepulauan Seribu 4 menit setelah lepas landas dari Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang. 

Baca Juga: Pantas Saja China Mati-matian Ingin Kuasai Pulau Natuna hingga Gunakan Pasukan Militer, Rupanya Ada 'Harta Karun' yang Sangat Menggiurkan di Pulau Terpencil Ini

Hampir 3 bulan setelah jatuh, penyelidik komite keselamatan transportasi nasional Indonesia melaporkan kabar terbarunya penyelidikannya.

Dilansir dari theguardian.com pada Jumat (2/4/2021), ada dugaan throttle otomatis tidak berfungsi dan menyebabkan pilot jet Sriwijaya Air kehilangan kendali.

Throttle adalah tuas untuk mengatur tenaga yang dikeluarkan mesin di pesawat.

Tempat throttle berada di tengah kokpit antara kursi pilot dan kopilot, karena dioperasikan oleh keduanya.

Baca Juga: Disebut Tukang Bikin Onar di Asia, Militer China Terungkap Telah Nyelonong Ratusan Kali ke Zona Terlarang Ini, Bikin Warga Taiwan dan Jepang Ketakutan Setengah Mati