Find Us On Social Media :

Dikenal Suka Beri Utang Sana-sini, China Kini Malah Terancam Kolaps, Utang Senilai Rp56.739 Triliun Terbongkar, Negeri Panda Bisa Terancam Krisis Gara-gara Perusahaan Ini

By Khaerunisa, Senin, 25 Oktober 2021 | 19:10 WIB

Ilustrasi. Utang China.

Intisari-Online.com - China dikenal sebagai negara pemberi utang, hingga banyak juga negara yang diperingatkan agar tidak terkena 'jebakan utang China'.

Meski demikian, kini dilaporkan perekonomian China sendiri terancam kolaps terkait dengan krisis pasar properti yang dihadapinya.

Melansir express.co.uk (24/10/2021), dilaporkan China menghadapi 'gelembung utang berbahaya' di tengah krisis yang sedang berlangsung di raksasa properti China Evergrande, menurut saluran berita WION yang berbasis di India.

China dikatakan telah mengumpulkan utang senilai $4 triliun  (sekitar Rp56.739 Triliun), dengan WION melaporkan bahwa jumlah sebenarnya mungkin jauh lebih tinggi di tengah upaya pejabat Xi Jinping untuk menyembunyikan jumlah pinjaman.

Baca Juga: Bukan China, Rusia Apalagi Korea Utara, Cuma Negara Asia Ini yang Berani Kirimkan Ratusan Bom Ke Amerika Serikat dengan Tujuan Meneror Negeri Paman Sam

Presenter WION Palki Sharma mengatakan, "Ada gelembung utang yang berbahaya di Tiongkok, ini adalah bom waktu yang coba disembunyikan oleh pejabat Tiongkok.

"Utang keseluruhan China sekarang berada di lebih dari 270 persen dari PDB-nya,

"Anda mendengarnya dengan benar, izinkan saya mengulangi angka 270 persen dari PDB China yang merupakan utang.

"Utang luar negeri China yang luar biasa mencapai $2,4 triliun pada tahun 2020," katanya.