Find Us On Social Media :

Ibu Kota Timor Leste Berada di Dili, Inilah Wilayah Administrasi Negara Ini yang Terdiri dari Beberapa Distrik dengan Penyebaran Penduduknya

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 23 Oktober 2021 | 17:00 WIB

Gedung Parlemen Timor Leste di Dili.

Intisari-Online.com – Wilayah Timor-Leste terdiri dari bagian timur Pulau Timor; Pulau Atauro, utara Dili; Pulau Jaco, di ujung paling timur pulau; dan Oecussi, sebuah kantong di sisi barat laut pulau, di Indonesia.

Wilayah ini memiliki populasi sekitar 1.066.409 jiwa (Sensus 2010), yang tersebar di area seluas sekitar 15.000 km².

Dengan Ibu kota negara Timor Leste adalah Dili.

Pada tahun 1908, Portugal membagi wilayah Timor menjadi 15 komando militer, yang bertanggung jawab atas desentralisasi administrasi sipil.

Baca Juga: Australia Kekurangan Petani: PNS Ditawari Cuti Berbayar untuk Bantu Panen hingga Harus Berterima Kasih kepada Orang-orang Timor Leste

Satu dekade kemudian, kota metropolitan Portugis menciptakan batasan sipil pertama, yang membagi kekuatan militer, karena telah menjadi berlebihan setelah penandatanganan Putusan Arbitrase pada tahun 1914 dengan Belanda.

Munisipalitas pertama, Dili,  baru dibentuk pada tahun 1940.

Setelah itu, banyak munisipalitas dan munisipal lainnya hidup berdampingan, hingga munisipal terakhir (Oecussi-Ambeno) diberi status munisipal pada Agustus 1973.

Pada pertengahan 1960-an, pemerintahan Portugis diorganisir menjadi 11 kotamadya, yaitu Bobonaro, Cova-Lima, Liquiça, Ermera, Dili, Ainaro, Same, Manatuto, Baucau, Viqueque dan Lautem; dan satu batasan, daerah kantong Oecussi-Ambeno.

Baca Juga: Pernah Gunakan Bahasa Indonesia, Kini Bahasa Ini yang Akhirnya Terpilih Jadi Bahasa Nasional Timor Leste, Begini Sejarahnya!