Find Us On Social Media :

Arsip Kuno Dibongkar, Ternyata Inilah Detik-detik Timor Leste Merdeka dari Indonesia, Militer Bersiaga Namun Tak Ada Peperangan, Sementara Pasukan Indonesia Mulai Bergerak Lakukan Hal Ini

By Khaerunisa, Rabu, 13 Oktober 2021 | 21:00 WIB

Ilustrasi. Referendum Timor Leste 1999.

Intisari-Online.com - Media Australia The Age membongkar arsip lamanya yang memuat detik-detik Timor Leste merdeka dari Indonesia, menggambarkan situasi yang terjadi di bekas wilayah Indonesia itu.

Setelah menjadi bagian wilayah Indonesia selama kurang lebih 24 tahun sejak 1975, Timor Leste melepaskan diri dari Indonesia melalui referendum.

Pemungutan suara itu diselenggarakan pada 30 Agustus 1999, yang menunjukkan hasil mayoritas pemilih menginginkan kemerdekaan.

Pasca referendum Timor Leste, sempat terjadi kerusuhan yang disebut mengakibatkan ribuan orang tewas dan mengungsi, hingga infrastruktur hancur.

Baca Juga: Padahal Bak Hanya Tinggal 'Jentikkan Jari' untuk Seret Indonesia ke Pengadilan Internasional atas 'Dosanya' di Timor Leste, Pria Ini Justru Pilih Damai, Terungkap Alasannya!

Situasi itu berakhir dengan kehadiran pasukan penjaga perdamaian International Force for East Timor (INTERFET) pada 20 September 1999.

Arsip The Age yang pertama diterbitkan pada 21 September 1999 mengungkapkan bagaimana detik-detik pasca referendum Timor Leste itu.

Dilaporkan, para preman menghilang dengan cepat dari jalan-jalan Dili.

Kemudian, ketika tentara Australia pertama tiba dengan pakaian tempur lengkap, senapan mereka siap, para milisi berpura-pura bahwa mereka adalah pengungsi yang telah mereka teror berminggu-minggu.