Find Us On Social Media :

Peduli Setan Walau Bakar Duit Rp1.980 Triliun, China Sukses Bikin Negara 'Dekat' Amerika Serikat Ini Pilih Berpaling ke China, Tawaran Ini Bikin China Lebih Dipuja Daripada AS

By Afif Khoirul M, Kamis, 21 Oktober 2021 | 16:30 WIB

Angkatan Laut China vs Amerika.

Intisari-online.com - China memang negara yang kerap menepar jala utang ke mana-mana, sampai negara kawasan Amerika ini pun disikat juga.

Kini China dianggap sebagai negara yang lebih berpengaruh daripada AS di kawasan Amerika Latin.

Kawasan terdekat Amerika Serikat yang bahkan dijuluki "halaman belakang" Amerika Serikat.

Namun, bukannya bergabung dengan AS, China justru mendominasi perdagangan dan ekonomi di kawasan Amerika Latin.

Baca Juga: China Diklaim Curi 'Formula' Berkedok Program 'Seribu Talenta' untuk Merekrut Para Profesor AS dengan Imbalan Uang, Penemu Gen Penyebab Penyakit Jantung sampai Cari Kerja di China?

Awal pekan ini, China mencapai kesepakatan dengan Kuba untuk meningkatkan jaringan listriknya.

Proyek ini bagian dari inisiatif Sabuk dan Jalan, adalah contoh terbaru dari serangkaian pengaturan pinjaman China, kerjasama perdagangan, pembangunan infrastruktur dan investasi lainnya di Amerika Latin dan Karibia.

Sejak 2005, tiga bank investasi terbesar China telah meminjamkan negara-negara Amerika Latin 140 miliar dollar AS (Rp1.980 Triliun) untuk membayar semuanya.

Mulai dari pembangkit listrik tenaga nuklir hingga bendungan dan jalan raya, rel kereta api, pelabuhan laut, dan jaringan telepon.

Baca Juga: Padahal Cuma Numpang Lewat, Kapal Perang China-Rusia Ini Bikin Jepang Panas Dingin, Walau Tak Mengusik Negeri Sakura Ternyata Hal Ini yang Bikin Jepang Ketakutan Setengah Mati