Find Us On Social Media :

Pergoki Kapal Selam India yang Berupaya Lakukan Serangan, Angkatan Laut Pakistan Malah Disebut Konyol, Mengapa?

By Tatik Ariyani, Kamis, 21 Oktober 2021 | 10:51 WIB

Pesawat mata-mata P-3 Orion Angkatan Laut Pakistan

Intisari-Online.com - Pakistan menuduh bahwa kapal selam Angkatan Laut India melakukan upaya penyerangan ke perairan teritorialnya pekan lalu.

Namun, tuduhan itu telah ditolak oleh analis militer India.

Pada 19 Oktober, Al Jazeera melaporkan mengutip pernyataan militer Pakistan yang mengklaim bahwa Angkatan Laut Pakistan telah “mendeteksi dan memblokir” sebuah kapal selam India memasuki perairan teritorialnya pada 16 Oktober malam.

Melansir The EurAsian Times, Kamis (21/10/2021), sebuah pernyataan resmi dari Inter-Services Public Relations (ISPR) militer Pakistan menuduh bahwa ini adalah upaya serangan ketiga oleh kapal selam Angkatan Laut India sejak 2016.

Baca Juga: Terusik dengan 20.000 Tentara Rusia yang Sedang Latihan Perang, Negara yang Nyaris Tak Pernah Dikabarkan Berkonflik Ini Mandadak Sampai Siapkan Torpedo Darurat

Upaya penyerangan yang diduga terjadi pada hari Sabtu, 16 Oktober, namun terdeteksi dan dilacak secara prematur oleh Pesawat Patroli Maritim (MPA) Angkatan Laut Pakistan, klaim sumber resmi.

Angkatan Laut Pakistan telah melontarkan tuduhan serupa pada November 2016 dan Maret 2019.

Meskipun tidak ada rincian tentang MPA yang tersedia dari pihak Pakistan, pesawat itu diyakini sebagai pesawat mata-mata P-3 Orion.

Awal bulan ini, The EurAsian Times melaporkan induksi Pakistan dari pesawat patroli maritim 'Sultan Laut', yang pada akhirnya akan menggantikan P-3 Orions.

Baca Juga: Sempat Bikin Geger Dunia Karena Kepergok Tabrakan di Laut China Selatan, Terkuak Ternyata Kru Kapal Selam Amerika Harus Alami Hal Berat Ini Usai Alami Kecelakaan