Find Us On Social Media :

Sejak Merdeka Sudah Ketiban Utang Sebanyak Ini, Terkuak Ternyata Ini Dia Awal Mula Indonesia Ambil Utangan ke Luar Negeri Sana-sini Cuma Demi Tambal Sulam Hal Ini

By May N, Rabu, 20 Oktober 2021 | 12:55 WIB

Sultan Hamid II (kanan) bersama Presiden Soekarno dalam sebuah acara menjelang Konferensi Meja Bundar 1949.

Intisari - Online.com - Awal Oktober lalu, Indonesia masuk ke dalam jajaran 10 negara dengan utang luar negeri terbesar.

Tidak heran, utang Indonesia mencapai Rp 5.589 triliun.

Indonesia berada di posisi ketujuh deretan negara dengan utang luar negeri terbesar berdasarkan Data Statistik Utang Internasional dari Bank Dunia tahun 2020.

Indonesia sendiri mewarisi utang luar negeri sejak pemerintahan Presiden Soekarno yaitu sejak 1949.

Baca Juga: Diam-diam Terima Sogokan China untuk Bangun Jalur Sutera, Terkuak Inilah Utang Rahasia Indonesia yang Diambil dari China Segini Jumlahnya

Sejak era Soekarno tepatnya 27 Desember 1949, ada peristiwa penting terjadi di indonesia, saat itu Belanda akhirnya mengakui kedaulatan RI melalui Konferensi Meja Bundar 1949.

Namun Indonesia harus mewarisi utang pemerintah kolonial Hindia Belanda, padahal utangnya cukup besar.

KMB pun dilanjutkan di Den Haag untuk mendiskusikan masalah utang-piutang.

Belanda memberi syarat mengakui kedaulatan RI jika Indonesia menanggung utang dari zaman pemerintahan Hindia Belanda sebesar 1,13 miliar dolar AS, atau 4,3 miliar gulden.

Baca Juga: AS Terancam Gagal Bayar Utang ke China Rp 400.000 Triliun, Bagaimana dengan Indonesia hingga Muncul Kabar China Akan Ambil Pulau Kalimantan?