Find Us On Social Media :

Jadi Jet Tempur Kebanggaan AS, Sebuah Dokumen Ungkap F-22 dan F-35 Alami Kecelakaan Tragis Dalam Waktu Berdekatan, Apa Penyebabnya?

By Tatik Ariyani, Sabtu, 16 Oktober 2021 | 14:05 WIB

Foto puing-puing F-22 Angkatan Udara yang jatuh pada 15 Mei 2020

Intisari-Online.com - F-22 Raptor dan F-35 Lightning II merupakan pesawat tempur kebanggaan Amerika Serikat (AS).

Namun, sebuah dokumen mengungkap bahwa kedua jenis pesawat tempur ini pernah mengalami kecelakaan fatal hanya dalam beberapa hari saja.

Dokumen yang baru-baru ini dirilis ke Air Force Times melalui Freedom of Information Act telah mengungkapkan rincian substansial mengenai kecelakaan jet tempur F-22 Raptor Angkatan Udara AS (USAF) yang terjadi pada 15 Mei tahun lalu.

Menurut laporan, setelah insiden itu, tabrakan lain antara F-22 dan pesawat tempur F-35 Lightning II juga hampir terjadi selama misi untuk memeriksa lokasi kecelakaan, namun tabrakan itu dapat dihindari.

Baca Juga: Pesawat Tempur Secanggih F-35 dan F-22 Milik AS Dipastikan Tak Berkutik, Inilah Radar Canggih YLC-8E Buatan China yang Bikin AS Khawatir Setengah Mati

Pada 15 Mei 2020, latihan pertempuran udara kekuatan besar dengan enam F-35, tiga F-22, dan empat F-16C berlangsung di Pangkalan Angkatan Udara Eglin.

Melansir The EurAsian Times, Jumat (15/10/2021), F-22 Raptor yang jatuh diterbangkan oleh seorang kapten yang menjabat sebagai asisten direktur operasi Skuadron Tempur ke-43.

Pilot melihat tanda pertama dari masalah segera setelah Raptor lepas landas, lampu peringatan kokpit mulai berkedip.

Karena tidak ada masalah yang terlihat jelas, dia melanjutkan.

Baca Juga: Walau Jet Tempur F-22 Raptor Digadang-gadang Tak Tertandingi, Siapa Sangka Jet Tempur Tercanggih di Dunia Itu Memiliki Musuh Abadi, Inilah Sukhoi Su-35 Rusia yang Digadang Bisa Kalahkan F-22