Find Us On Social Media :

Beredar Isu AS Jual Jet Tempur F-35 ke India Agar Batalkan Kesepakatan S-400 Rusia, Faktanya India Tak Cocok dengan F-35 dan Ini Jet Tempur Alternatif untuk India

By Tatik Ariyani, Selasa, 12 Oktober 2021 | 11:06 WIB

Jet tempur F-35 Lightning II

Intisari-Online.com - Di tengah perseteruan perbatasan dengan China yang tak juga usai, India telah meningkatkan militer dan persenjataannya.

Salah satu proyek militer utama India – Medium Multi-Role Combat Aircraft (MMRCA) – telah berjalan selama hampir satu dekade.

IAF (Angkatan Udara India) pada April 2019 mengeluarkan Permintaan Informasi (RFI) untuk memperoleh 114 jet dengan perkiraan biaya $18 miliar.

Sementara itu, spekulasi tentang keinginan AS untuk menjual jet tempur generasi kelima F-35 ke India untuk Angkatan Udara dan Angkatan Laut beredar di internet dan menjadi topik diskusi instan di kalangan analis militer pada 2018.

Baca Juga: Walaupun Sering Menggantungkan Nyawa Kepada Amerika Serikat, Taiwan Justru Tidak Mengandalkan Jet Tempur F-35 untuk Melawan China, Mengapa Demikian?

Ini dilihat sebagai langkah Washington untuk mendorong India mengakhiri kesepakatan senilai $5,43 miliar dengan Rusia untuk sistem pertahanan udara S-400.

Meskipun ini ternyata hanya rumor dan secara bersamaan dibantah oleh pejabat India dan AS, memang benar bahwa AS tidak senang dengan India melanjutkan kesepakatan S-400 dengan Rusia dan berusaha membujuk New Delhi keluar dari kesepakatan, melansir The EurAsian Times, Senin (11/10/2021).

Baru-baru ini, juru bicara kementerian luar negeri India Arindam Bagchi mengatakan bahwa mereka sedang dalam pembicaraan dengan Washington mengenai kesepakatan dengan Moskow untuk sistem pertahanan udara S-400, yang menghadapi ancaman kemungkinan sanksi berdasarkan hukum Amerika.

Bagchi menanggapi pertanyaan tentang kritik Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman terhadap kesepakatan India dengan Rusia.

Baca Juga: Pesawat Tempur Secanggih F-35 dan F-22 Milik AS Dipastikan Tak Berkutik, Inilah Radar Canggih YLC-8E Buatan China yang Bikin AS Khawatir Setengah Mati