Penulis
Intisari-Online.com -Di tengah perseteruan perbatasan dengan China yang tak juga usai, India telah meningkatkan militer dan persenjataannya.
Salah satu proyek militer utama India – Medium Multi-Role Combat Aircraft (MMRCA) – telah berjalan selama hampir satu dekade.
IAF (Angkatan Udara India) pada April 2019 mengeluarkan Permintaan Informasi (RFI) untuk memperoleh 114 jet dengan perkiraan biaya $18 miliar.
Sementara itu, spekulasi tentang keinginan AS untuk menjual jet tempur generasi kelima F-35 ke India untuk Angkatan Udara dan Angkatan Laut beredar di internet dan menjadi topik diskusi instan di kalangan analis militer pada 2018.
Ini dilihat sebagai langkah Washington untuk mendorong India mengakhiri kesepakatan senilai $5,43 miliar dengan Rusia untuk sistem pertahanan udara S-400.
Meskipun ini ternyata hanya rumor dan secara bersamaan dibantah oleh pejabat India dan AS, memang benar bahwa AS tidak senang dengan India melanjutkan kesepakatan S-400 dengan Rusia dan berusaha membujuk New Delhi keluar dari kesepakatan, melansir The EurAsian Times, Senin (11/10/2021).
Baru-baru ini, juru bicara kementerian luar negeri India Arindam Bagchi mengatakan bahwa mereka sedang dalam pembicaraan dengan Washington mengenai kesepakatan dengan Moskow untuk sistem pertahanan udara S-400, yang menghadapi ancaman kemungkinan sanksi berdasarkan hukum Amerika.
Bagchi menanggapi pertanyaan tentang kritik Menteri Luar Negeri AS Wendy Sherman terhadap kesepakatan India dengan Rusia.
Sherman, yang sedang dalam kunjungan tiga hari ke India, mengatakan kepada wartawan bahwa setiap keputusan tentang kemungkinan sanksi atas kesepakatan S-400 akan dibuat oleh Presiden Joe Biden dan Menteri Luar Negeri Antony Blinken.
Kembali ke jet tempur F-35, Jenderal Bipin Rawat, Kepala Staf Pertahanan India, sebelumnya telah menepis rumor yang mengatakan bahwa India ditawari pesawat tempur generasi kelima F-35 oleh AS pada konferensi Dialog Raisina.
F-35 AS adalah pesawat tempur multi-peran supersonik siluman yang paling dicari yang dimaksudkan untuk melakukan misi superioritas udara dan serangan.
Tetapi seperti yang pernah dikatakan dalam sebuah artikel di Business Insider, siluman ada harganya.
Salah satu kelemahan utama India memperoleh F-35 untuk memperkuat pertahanan dari ancaman China adalah dari segi anggaran pertahanan India.
Aspek terpenting dalam membeli pesawat ini adalah biayanya yang besar, yang tidak hanya mencakup biaya $36.000 per jam, tetapi juga biaya pemeliharaan dan pemeliharaan seumur hidup yang dilaporkan mencapai $1,7 triliun.
Pesawat generasi kelima yang dimaksudkan untuk menjadi 'ringan dan terjangkau' ini sekarang tampaknya menjadi perdebatan di kalangan politik AS sendiri tentang kelayakannya untuk menjadi pelindung langit yang andal di negara mereka.
Sementara desas-desus tentang kemungkinan kedatangan F-35 di armada India dirayakan dan disambut baik, yang banyak dilewatkan adalah kurangnya kompatibilitas dengan infrastruktur India saat ini, biaya perawatan, dan pelapisan 'siluman' yang diperlukan setelah setiap penerbangan dan berbagai masalah teknis kegagalan yang terus muncul.
Bahkan jika India ditawari jet serang modern ini oleh AS, seluruh akuisisi akan meneriakkan 'mustahil' karena pencabutan besar-besaran arsitektur komunikasi dan elektronik yang ada dan penggantian yang diperlukan.
Semakin jelaslah kata-kata Jr McDonald, Wakil Presiden Lockheed Martin untuk pengembangan bisnis, “Tidak semua negara di dunia hari ini siap untuk F-35.
Dan, itu bisa jadi karena mereka dari perspektif kebijakan belum menjadi mitra yang setara dengan AS, atau mungkin hanya kedewasaan militer mereka: sulit untuk melompat dari MiG-21 langsung ke F-35.”
Dia kemudian menyarankan bahwa F-16 akan berfungsi sebagai batu loncatan ke jet Lockheed F-35 untuk IAF.
Dan apa yang ada saat ini untuk India bukanlah F-16 tetapi rebadged, versi Made in India – F21.
F-21 secara khusus dikonfigurasi untuk Angkatan Udara India dalam kemitraan dengan rumah industri utama India, Tata Advanced Systems, dan menandai prestasi besar bagi Lockheed Martin yang selama beberapa dekade mencoba mematahkan preferensi India untuk desain Rusia dan Prancis.
Menurut para ahli, desain F-21 terlihat mirip dengan jet tempur F-16 Block 70.
Sekitar setengah dari rantai pasokan F-21 dan F-16 sama dengan F-22 Raptors dan F-35.
Badan pesawat, kemampuan senjata, matriks mesin, dan ketersediaan opsi mesin adalah yang membedakan F21 dari yang lain.
“Misalnya, umur pakai badan pesawat di F-21 adalah sekitar 12.000 jam dibandingkan dengan 8.000 jam sebelumnya (F-16 Block 70). Kemampuan membawa senjata tambahan 40% ini merupakan hal baru di F-21 yang tidak ada di F-16 Block 70. Sistem peperangan elektronik akan disesuaikan untuk kebutuhan India,” kata pakar tersebut.
F21 memang tampak seperti permata di antara batu-batu yang ditawarkan AS untuk kebutuhan armada India berupa 114 pesawat tempur multi-peran menengah (MMRCA).
AS telah melakukan segalanya untuk mempermanis tawarannya untuk kesepakatan MMRCA 2.0 dengan mengikat grup Tata secara lokal, menyiapkan fasilitas Pemeliharaan, Perbaikan, dan Overhaul (MRO), dan menjadikan F-21 eksklusif untuk India.
Dengan pemerintah India mengharapkan pengiriman rudal Rusia-S-400 pada akhir tahun, akan menarik untuk melihat langkah AS selanjutnya.
Untuk India, angkatan udaranya idealnya membutuhkan akuisisi cepat dari 114 jet tempur di bawah kesepakatan MMRCA dan melanjutkan peningkatan dan induksi jet tempur asli Tejas.