Penulis
Intisari-online.com - Belakangan Amerika kepergok melakukan aktivitas kapal selam di Laut China Selatan.
Aktivitasnya ini terungkap setelah kapal selam AS tersebut menabrak obyek misterius hingga melukai 11 orang di dalamnya.
Pejabat pertahanan AS baru-baru ini mengkonfirmasi bahwa kapal selam nuklir USS Connecticut bertabrakan dengan objek tak dikenal saat bergerak di bawah air di Laut Cina Selatan.
Dampaknya begitu kuat sehingga 11 pelaut terluka.
Pada 8 Oktober, kapal selam USS Connecticut dari kelas Seawolf, senilai hingga 8,5 miliar dollar AS, tiba di pangkalan di Guam.
Angkatan Laut AS belum mengumumkan kerusakan kapal.
Kapal selam nuklir USS Connecticut, dengan bobot 9.300 ton, panjang 108 meter, ditugaskan oleh Amerika Serikat pada tahun 1998 dengan reaktor nuklir tunggal.
Kapal tersebut memiliki 140 awak.
USS Connecticut dirancang untuk menghadapi Uni Soviet selama Perang Dingin.
Meskipun berusia 20 tahun, ia masih memiliki fitur yang tidak dapat ditandingi oleh kapal selam serangan nuklir saat ini.
"Ini kapal selam paling modern dalam hal kemampuan perang anti-kapal selam," kata Alessio Patalano, seorang profesor di King's College London, Inggris.
Angkatan Laut AS belum mengungkapkan apa yang menyebabkan kapal selam Connecticut jatuh.
Para ahli mengatakan bahwa insiden itu dapat disebabkan oleh lingkungan laut yang bising di daerah dengan banyak kapal yang lewat, serta medan yang kompleks di dasar laut.
"Itu bisa menjadi objek yang cukup kecil untuk dilewatkan oleh sistem sonar onboard di lingkungan yang bising," kata Patalano.
Menurut Administrasi Kelautan dan Atmosfer Nasional AS, kapal selam menggunakan sistem sonar pasif untuk mendeteksi objek di perairan sekitarnya, dengan mendeteksi gema.
Ini membantu kapal untuk tidak mengungkapkan posisinya, masih beroperasi secara diam-diam dan diam-diam.
Tetapi kelemahan dari sistem hidroakustik pasif adalah kapal tidak dapat mendeteksi objek statis.
Sementara itu, sistem sonar aktif membantu kapal selam mengidentifikasi rintangan, tetapi kapal selam musuh juga akan menangkap sinyal sonar ini.
Kapal selam yang mengungkapkan lokasinya di dasar laut adalah hal terburuk, terutama dalam situasi pertempuran.
Para ahli mengatakan bahwa Laut Timur adalah salah satu jalur pelayaran dan tempat penangkapan ikan tersibuk di dunia.
Kebisingan dari kapal di atas air dapat mengganggu sinyal hidroakustik, membuat awak kapal selam tidak menyadari adanya benda berbahaya.
"Tergantung lokasi kejadian, suara bising yang biasanya berasal dari lalu lintas di atas air dapat mempengaruhi sensor," kata Patalano.
Carl Schuster, mantan Direktur Eksekutif di Pusat Intelijen Gabungan Komando Pasifik AS, mengatakan Laut China Selatan sudah sangat bising.
Kebisingan dari arus di sekitar pulau dan bebatuan serta kondisi arus laut yang heterogen mempengaruhi penerimaan suara kapal selam.
"Ini adalah wilayah yang membutuhkan pemetaan dasar laut secara terus menerus. Kapal selam bisa menabrak gunung yang belum pernah ditemukan di dasar laut," kata Schuster.