Find Us On Social Media :

Namanya Sendiri Begitu Kontroversial, Surat Cinta Antara Marie-Antoinette untuk Kekasih Gelapnya Kini Terkuak Setelah 150 Tahun, Beginilah Isi Hubungan Gelap yang Menggelora Itu

By May N, Selasa, 5 Oktober 2021 | 19:35 WIB

Ratu terakhir Perancis, Marie Antoinette, digambarkan keji dan senang melihat warganya kelaparan, cerita tentangnya sebenarnya tidak demikian

Intisari-Online.com - Tulisan tangan yang disunting dari surat antara Marie-Antoinette dan kekasih gelapnya telah dikuak pertama kalinya, menggunakan teknik ilmiah canggih.

Surat antara ratu Perancis dan Pangeran Axel von Fersen dari Swedia selama Revolusi Perancis itu dianalisis oleh tim ilmuwan dari Centre de Recherche sur la Conservation (CRC) di Perancis, yang mempublikasi temuan mereka di jurnal Science Advances Jumat kemarin.

"Entah rahasia negara, rencana melarikan diri atau bukti hubungan gelap kerajaan, konten tertutup ini telah membuat pusing para sejarawan untuk hampir 150 tahun," tulis penelitian tersebut, yang juga merinci bagaimana von Fersen membantu mengatur upaya penyelundupan keluarga kerajaan keluar dari Perancis yang gagal.

Beberapa surat antara pasangan tersebut yang dikirim dari Juni 1791 sampai Agustus 1792, disimpan di arsip nasional Perancis.

Baca Juga: Jadi Lambang Pemborosan dan Tak Peduli pada Rakyat Prancis, Gelang Berlian Marie Antoinette Ini akan Dilelang Diperkirakan Hingga Sekitar 57 Milyar Rupiah

Beberapa kata tertentu di surat tersebut telah ditulis dengan huruf acak, bertujuan untuk mengaburkannya.

Tim menganalisis bagian-bagian dari 15 surat yang berbeda, dan menemukan perbedaan yang konsisten dalam rasio tinta tembaga ke besi dan seng ke besi di 8 surat.

Para ilmuwan menggunakan spektroskopi fluoresensi sinar-x, yang digunakan untuk menentukan komposisi elemen bahan, dan teknik proses data untuk menguak kata-kata rahasia seperti "tersayang," "teman baik," "menyayangi," dan "tergila-gila."

Analisis menunjukkan bahwa beberapa surat yang dikira ditulis oleh Marie-Antoinette ternyata adalah duplikat dari surat asli yang dikirim oleh von Fersen.

Baca Juga: Konon Keji, Digambarkan Monster Gila Harta dan 'Maniak Hubungan Suami Istri', Ratu Terakhir Perancis Marie Antoinette Memiliki Sisi Lain yang Diabaikan Para Musuhnya