Pantas Saja Jadi Nama Detasemen Militer Wanita di Republik Armenia, Ratu Prajurit Armenia Ini Terkenal Karena Kecantikan dan Kesopanannya

K. Tatik Wardayati

Penulis

Mausoleum, yang dibangun pada pertengahan akhir abad ke-4, pernah berisi sisa-sisa raja Kristen dan pagan dari dinasti Arshakid di Armenia.
Mausoleum, yang dibangun pada pertengahan akhir abad ke-4, pernah berisi sisa-sisa raja Kristen dan pagan dari dinasti Arshakid di Armenia.

Intisari-Online.com – Mengapa sebagian besar wanita pada abad pertengahan tidak pernah hadir saat membicarakan masa lalu Armenia?

Selama perang Nagorno-Karabakh 2020, Republik Armenia mendirikan detasemen militer wanita pertamanya.

Ini merupakan hal baru dari serangkaian perkembangan yang memenangkan hak perempuan untuk bertugas di angkatan bersenjata Armenia sejak akademi militer pertama kali membuka pintu bagi mereka pada tahun 2013.

Detasemen Erato, adalah nama unit tersebut, yang diambil dari nama ratu Armenia abad pertama.

Baca Juga: Ada Sosok Wanita Cantik Jadi Korban Ganasnya Serangan ISIS-K, Inilah Nicole Gee Tentara Wanita AS yang Terbunuh Bom Bunuh Diri ISIS-K

Dimasukkannya wanita dalam wacana Armenia modern menjadi fenomena relatif baru dan langka, dan ini merupakan hasil kerja bidang studi Armenia selama beberapa tahun terakhir.

Ketiadaan figur perempuan dalam sejarah pada akhirnya dapat dilacak dalam narasi sejarah Armenia paling awal, yang terus memainkan peran penting dalam memori Armenia.

P'aranjem, ratu prajurit abad keempat, adalah sosok yang kompleks dan penuh teka-teki dalam sejarah awal Armenia.

Kisahnya direkam memberikan contoh sempurna tentang bagaimana beberapa teks sejarah meminggirkan wanita dari masa lalu.

Baca Juga: Terpaksa Tinggal di Afghanistan Meski Ada Kesempatan untuk Mengungsi, Tentara Wanita yang Pernah Dilatih AS Ini Bakar Seragamnya Setelah Taliban Berkuasa, Alasannya?

Meskipun ada berbagai literatur Armenia awal abad pertengahan, namun itu dikondisikan oleh kendala sosial tradisional.

Sumbernya, misalnya, terutama tertarik pada kaum bangsawan (naxarars), yang berarti pandangan kita tentang Armenia awal dilihat melalui pandangan sebagian besar laki-laki dan elit.

Dalam beberapa teks sejarah, seperti Buzandaran Patmut'iwnk', sebuah sejarah anonim Kerajaan Armenia dari tahun 330 M hingga kemunduran dan pemisahannya pada tahun 387, memuat kisah-kisah tokoh seperti P'aranjem.

Peran pria dan wanita di Armenia awal abad pertengahan terutama dipandu oleh prinsip awrēnk, yang berfungsi sebagai hukum adat tidak tertulis, menilai orang Armenia berdasarkan perilaku mereka yang benar (awrēnk) dan tidak benar (anawrēn).

Setelah pertobatan kerajaan pada awal abad keempat, cita-cita moral ini didukung oleh etika Kristen.

Bagi wanita Armenia, ini berakar pada model kepatuhan, kesucian, dan kerendahan hati yang religius.

Sementara pria dihargai karena kemampuan bela diri, kepemimpinan, dan kepahlawanan mereka.

Awrēnk juga menghubungkan perempuan dengan rumah tangga, pengaturan agama tertentu dan pendidikan, sedangkan laki-laki terlibat dalam politik dan kepemimpinan hukum unit keluarga.

Mereka yang sesuai dengan peran tradisional dipuji, tetapi mereka yang melanggar dikritik.

Baca Juga: Ini Alasan Mengapa Orang Jerman Tembak Tentara Wanita Rusia Saat Terlihat dalam Penglihatan Mereka pada Perang Dunia II Hingga Akibatkan Konflik Makin Brutal

Awrēnk tidak diragukan lagi dapat berubah dari waktu ke waktu dan sulit untuk menentukan seberapa besar pengaruhnya terhadap kehidupan sehari-hari, tetapi jelas digunakan oleh penulis sejarah untuk membingkai kesesuaian dan pelanggaran.

Kisah P'aranjem, seorang wanita yang menantang dan menumbangkan sejumlah harapan ini, mengilustrasikan betapa besar pengaruh awrēnk terhadap bagaimana seseorang ditulis dan diingat.

Pertama kali diperkenalkan ke P'aranjem di Buzandaran pada masa pemerintahan Aršak II dari Armenia (350-367/8 M).

Putri penguasa Siwnik, P'aranjem 'terkenal karena kecantikan dan kesopanannya' dan menjadi istri Gnel, keponakan raja.

Penggambaran P'aranjem sangat kritis terhadap kecantikannya.

Menurut Buzandaran, ketika ketenaran 'kecantikannya' tumbuh, sepupu Gnel, Tirit, menjadi terobsesi dengannya.

Dipenuhi kerinduan, Tirit memfitnah Gnel kepada Aršak, yang akhirnya diyakinkan untuk memerintahkan eksekusi Gnel.

Meskipun tindakan pembunuhan direncanakan dan dilakukan oleh laki-laki, P'aranjem-lah yang disalahkan.

Setelah mengetahui eksekusinya, dia berseru 'kematian suami saya adalah karena saya, suami saya dihukum mati karena seseorang menginginkan saya!'

Baca Juga: Nasib Menyedihkan Para Wanita di Militer Korea Utara, Orang Dalam Ini Bocorkan Kehidupan Kejam di Dalam Barak, Mereka Dirudapaksa Komandannya Dan Dipaksa Menstruasi 2 Tahun Sekali

Di mata penyusun, P'aranjem telah membangkitkan bahaya keinginan duniawi.

Bukan karena kesalahannya sendiri, namun penampilannya menjadi kekuatan yang berbahaya.

Aršak kemudian mengambil P'aranjem sebagai istrinya, tetapi dia berulang kali menolak suami barunya karena dia 'tubuh berbulu'. Penolakan ini menandai titik balik.

P'aranjem tiba-tiba dilemparkan sebagai anawrēn, tidak benar, dan menjadi sasaran pembunuhan karakter yang tajam.

Sebagai tanggapan, Aršak mengambil istri kedua, Olympias.

Didorong oleh kecemburuan yang nyata, P'aranjem membunuh saingannya.

Ini adalah perubahan karakter yang mencolok: dari pelayat yang sedih menjadi pembunuh yang licik, semuanya hanya dalam hitungan paragraf.

Peralihan yang agak aneh ini mungkin merupakan produk dari kecenderungan moral dari kompiler.

Kisah P'aranjem digunakan sebagai contoh bagi mereka yang mungkin melanggar awrēnk.

Baca Juga: ‘Belum Ada Metode Aman Pembuangan Limbah Racun Mematikan dalam Sejarah Manusia’ Kisah Grace Thorpe, Seorang Atlet, Tentara Wanita Saat Perang Dunia II dan Aktivis Anti-Nuklir

Dia telah menolak untuk menuruti keinginan suaminya dan perilaku tidak benar seperti itu hanya bisa diikuti oleh tindakan jahat.

Ini adalah bagian terakhir dari cerita P'aranjem yang paling luar biasa.

Dalam konteks perang yang sedang berlangsung dengan Persia Sasanian, Aršak ditangkap dan dipenjarakan dan P'aranjem, sekarang disebut sebagai Ratu Armenia, mengambil alih kepemimpinan kerajaan.

Menurut Buzandaran, dia memimpin 11.000 orang dalam pertahanan melawan Sasania.

Terkepung di benteng Artagers, P'aranjem bertahan selama 14 bulan, bertahan dari wabah dan rintangan yang tidak dapat diatasi.

Akhirnya dia dipaksa untuk menyerah, benteng itu ditangkap dan P'aranjem dibawa ke Persia di mana dia dibunuh.

Peristiwa dramatis ini menjadi tantangan tersendiri bagi penyusun Buzandaran.

P'aranjem telah menunjukkan kepemimpinan yang berani, tetapi dengan melakukan itu dia telah menumbangkan harapan awrēnk.

Sementara penyusun memuji laki-laki untuk tindakan serupa, menasihati keberanian mereka panjang lebar, P'aranjem tidak menerima penegasan yang sama.

Baca Juga: Militernya Laksanakan Kudeta, Ternyata Beginilah Kekuatan Tatmadaw, Militer Myanmar yang Wajibkan Tugas Militer Bahkan untuk Wanita Juga

Faktanya, tindakannya tidak perlu dievaluasi dan pengepungan epik direkam secara singkat tanpa pujian.

Kompilator bahkan memasukkan anggota garnisun ke dalam narasi untuk menyerang ratu secara verbal.

Dia menegur aturan gagal dari dinasti kerajaan Armenia, mengatakan P'aranjem bahwa 'adil, semua ini telah datang pada Anda'.

Ini menunjukkan bahwa agensi wanita di luar perannya yang ditentukan, bahkan dalam keadaan yang paling luar biasa, jarang dihargai atau diakui.

Akan tetapi, teks tersebut tidak dapat mengubah fakta bahwa P'aranjem telah memimpin kerajaan dan mengorbankan dirinya untuk Armenia.

Ini tampaknya membingungkan kompiler, yang tidak dapat menemukan cara sederhana untuk mengkategorikan tindakannya.

Bagaimanapun, P'aranjem telah diklasifikasikan sebagai anawrn, yang membuatnya tidak dapat ditebus.

Akibatnya, keberaniannya tidak diakui dan dia sendiri yang disalahkan atas kegagalan seluruh dinasti.

Kisah P'aranjem menarik sekaligus membuat frustrasi.

Baca Juga: Seorang Tentara Wanita Amerika Ditemukan Meninggal Secara Tidak Normal di Barak, Keluarganya Ungkapkan Fakta Mengerikan Ini Tentang Militer AS

Dia menunjukkan keberanian dan kepemimpinan, tetapi dia diteliti dan kemudian dipermalukan karena menantang dan menumbangkan peran yang ditentukan dari seorang wanita sebagaimana diatur oleh awrēnk.

Terlepas dari tempatnya yang signifikan dalam sejarah awal Armenia, perlakuan P'aranjem telah membuatnya absen dari diskusi terkini tentang masa lalu Armenia.

Kisahnya menyoroti perlunya penelitian lebih lanjut tentang sejarah perempuan dan perwakilan mereka di Armenia untuk menjelaskan mengapa perlakuan mereka di masa lalu menyebabkan mereka terus terpinggirkan.

Baca Juga: Mengenal Batalion Caracal, Pasukan Elite Wanita Israel yang Terlihat Lembut Namun Ganas, Kemampuan Tempurnya Tak Kalah dari Pria

Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari

Artikel Terkait