Find Us On Social Media :

100 Tentara China Dikerahkan dan Bikin Perbatasan China-India Tegang Lagi, Nyatanya Dulu Begini Nasib Mengenaskan Militer Negara Panda Itu

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 4 Oktober 2021 | 15:46 WIB

Xi Jinping

Intisari-Online.com - Panglima militer India pada Sabtu (2/10/2021) mengatakan, China mengirim pasukan ke perbatasan mereka yang disengketakan dalam jumlah yang cukup besar.

Untuk menanggapinya, India juga mengerahkan tentara dengan jumlah yang sama ke perbatasan tersebut menurut pemberitaan AFP.

Ketegangan tinggi antara dua negara bersenjata nuklir ini adalah lanjutan dari bentrokan di Lembah Galwan yang strategis pada Juni 2020.

India dan China sudah mengadakan pembicaraan militer tingkat tinggi sejak bentrokan pada Juni 2020, dan Naravane menyebut pertemuan lain diharapkan terlaksana minggu depan.

Baca Juga: Pantesan China Sumringah Beri Utangan Sana-sini, Negara Miskin Utang Sampai Tembus Rp 5,5 Kuadraliun dengan Jaminan Investasi, Padahal Kenyataan Aslinya Sungguh Miris

Komentarnya muncul beberapa hari setelah juru bicara Kementerian Luar Negeri China, Hua Chunying, menuduh tentara India secara ilegal melintasi perbatasan ke wilayah China.

Akan tetapi, tuduhan tersebut menurut India tidak memiliki dasar fakta.

Media lokal pekan lalu melaporkan, mengutip sumber yang tidak disebutkan namanya, bahwa hampir 100 tentara China melintasi perbatasan ke negara bagian Uttarakhand selama beberapa jam pada akhir Agustus.

Kekuatan Militer China

Baca Juga: China dan Taiwan di Ambang Perang, 38 Jet Tempur China Ketahuan Nyelonong ke Wilayah Terlarang Ini Hanya dalam Satu Hari, Bikin Taiwan Ketar-ketir