Find Us On Social Media :

Inilah Kisah Loreta Janeta Velazques, Rela Menyamar Jadi Seorang Pria untuk Berperang Bersama Suaminya dalam Perang Saudara, Terbongkarkah Penyamarannya?

By K. Tatik Wardayati, Sabtu, 2 Oktober 2021 | 16:25 WIB

Loreta Janeta Velázquez, menyamar sebagai pria berperang dalam Perang Saudara Amerika.

Intisari-Online.com – Kehidupan Loreta Janeta Velázquez merupakan salah satu petualangan, penuh liku-liku, dan tikungan.

Loreta lahir pada pertengahan 1800-an, dan kemudian menyamar dan bertarung sebagai prajurit pria Konfederasi selama Perang Saudara Amerika.

Dia kemudian menulis sebuah buku yang merinci kehidupannya yang penting.

Namun, apa yang dilakukannya menjadi pertanyaan.

Baca Juga: Suaminya Jadi Dedengkot PKI yang Berakhir Dihabisi, Beginilah AKhir Hidup Istri DN Aidit, Hidup Menyamar Sampai Berakhir di Penjara

Benar atau tidaknya hanyalah bagian dari misteri menarik di balik Loreta Janeta Velazquez.

Loreta mengaku lahir pada 26 Juni 1842 di Havana, Kuba, sebagai anak bungsu dari enam bersaudara.

Ayahnya adalah seorang pejabat pemerintah Spanyol dan ibunya memiliki keturunan Prancis-Amerika, menjadi putri seorang Amerika kaya dan seorang perwira angkatan laut Prancis.

Ayahnya memiliki perkebunan di Meksiko dan Kuba, yang pensiun dari pekerjaannya di Kuba dan memindahkan keluarganya ke sebuah properti besar di Texas, yang merupakan bagian dari Meksiko pada saat itu.

Baca Juga: Kisah Nekat Pasukan Khusus Inggris Menyamar Sebagai Wanita, Cuma Demi Menyususup dan Melarikan Diri Dari Taliban, Tentara AS Sampai Tercengang Mendengarnya