Find Us On Social Media :

Berumur 2.300 Tahun, Gerbang Masuk ke Kuil Suci Zeus Yunani Ditemukan di Turki, di Tempat Ini Mereka Sembah Banyak Dewa

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 30 September 2021 | 15:55 WIB

Gerbang Kuil Zeus ditemukan di Turki.

Intisari-Online.com – Pada awal 1890-an, arkeolog Jerman Karl Humann menemukan sisa-sisa Kuil Zeus berusia 2.300 tahun di kota Yunani Kuno Magnesia.

Letaknya kalau sekarang itu menjadi provinsi Aydin di Turki.

Situs penggalian itu kemudian dikubur kembali dan dilupakan sampai sampai Görkem Kökdemir, seorang arkeolog di Universitas Ankara, memulai penggalian di sana sekitar 20 tahun yang lalu.

Upaya terakhir itu terbukti membuahkan hasil.

Baca Juga: Ditemukan, Alat Mesir Kuno yang Digunakan dalam Pemujaan Dewi Hathor, Termasuk ‘Kursi Bersalin’ Bukti yang Mengkultuskannya Sebagai Dewi Kesuburan

Kokdemir dan timnya menemukan tempat perlindungan, stadion, teater, 80 patung, dan artefak lainnya.

Menurut Anadolu Agency (AA), para peneliti telah menemukan gerbang masuk ke kuil suci Zeus.

Kökdemir mengatakan, “Kami berpikir bahwa kuil yang kami temukan di daerah ini adalah kuil yang terkenal dalam sejarah arsitektur seperti Kuil Artemis, yang merupakan kuil terbesar keempat di Anatolia dan juga terletak di Magnesia.”

Yang terbesar ketiga adalah Kuil Artemis yang terpisah di Efesus, yang reruntuhannya berdiri di tempat yang sekarang disebut Turki barat.

Baca Juga: Mengapa Justru Ratu Mesir Paling Kuat Ini Dihapus dari Sejarah? Mungkinkah Karena Rasa Iri dari Anak Tirinya Karena Kekuatan yang Dimilikinya?