Find Us On Social Media :

Dibuat Abad ke-16, Setelah Delapan Dekade Dijarah oleh Nazi Selama Perang Dunia 2, Perisai Abad Pertengahan Berhias Ini Akan Dikembalikan ke Republik Ceko

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 17 September 2021 | 08:00 WIB

Perisai Abad Pertengahan yang dijarah Nazi akan dikembalikan ke Republik Ceko.

Intisari-Online.comPerisai yang dibuat pada abad ke-16 ini dihias dengan rumit, pernah dimiliki oleh Archduke Franz Ferdinand.

Perisai pada masa Renaisans yang rumit ini tidak pernah digunakan dalam pertempuran, tetapi sejarahnya tidak bisa dipisahkan dari konflik yang menentukan di era modern.

Perisai ini pernah dimiliki oleh Archduke Franz Ferdinand, yang pembunuhannya memicu Perang Dunia I.

Perisai besi itu kemudian dijarah oleh tentara Nazi selama Perang Dunia II dan akhirnya diangkut melintasi Atlantik.

Baca Juga: Pantas Saja Jadi Nama Detasemen Militer Wanita di Republik Armenia, Ratu Prajurit Armenia Ini Terkenal Karena Kecantikan dan Kesopanannya

Setelah hampir delapan dekade di luar negeri, perisai itu akhirnya kembali ke rumah.

Seperti yang diumumkan oleh pejabat dari Museum Seni Philadelphia (PMA) minggu ini, lembaga Pennsylvania berencana untuk mengembalikan barang tersebut ke Republik Ceko, yang kemudian akan dimaukkan ke dalam koleksi Institut Warisan Nasional negara Eropa.

Timothy Rub, direktur PMA, dalam pernyataannya, menyebutkan bahwa karya yang telah hilang selama gejolak Perang Dunia II dengan senang hati dipulihkan dan muncul kemitraan ilmiah yang luar biasa.

Hynek Kmoníček, duta besar Ceko untuk Amerika Serikat, menyebut kasus ini sebagai “contoh utama praktik terbaik dalam restitusi.”

Baca Juga: 2.000 Pecahan Alat dari Abad Pertengahan Ini Ungkap Bahwa Orang Yahudi di Inggris Bahkan Sudah Mematuhi Hukum Halal dan Haram