Find Us On Social Media :

Musuh-musuhnya Patut Waspada, Jet Tempur China J-16 Versi Baru Bakal Lebih Mematikan, Mampu Hancurkan Radar Musuh dan Siap Menangkan Peperangan Elektronik

By Tatik Ariyani, Minggu, 26 September 2021 | 09:04 WIB

(Ilustrasi) Pesawat China J-16

Intisari-Online.com - Jet tempur J-16 China akan segera muncul dalam figur baru, yang kabarnya mampu menghancurkan instalasi radar musuh dan pesawat peringatan dini.

Sebanyak 19 pesawat China termasuk 12 Shenyang J-16 dan dua pesawat pengebom H-6 berkemampuan nuklir dilaporkan memasuki zona pertahanan udara Taiwan pada 23 September.

J-16 adalah jet tempur multi-peran, yang diperkenalkan pada tahun 2004.

Pesawat ini dilengkapi dengan radar AESA yang dimodifikasi dan mampu melakukan misi tempur udara-ke-udara serta udara-ke-darat.

Baca Juga: Berlagak Sok Netral saat Pakta AUKUS Pertama Kali Diumumkan, Negara ASEAN Ini Malah Tiba-tiba 'Gatal' Ingin 'Bertamu' ke China, Terpancing Polah 'Lucu' Filipina?

J-16 dikembangkan dari J-11, yang dipandang sebagai jiplakan jet superioritas udara Su-27 Rusia yang dibeli China pada 1990-an.

Negara komunis itu akan mengungkap varian baru dari pesawat tempur, J-16D, minggu depan, menurut laporan.

Jet tempur ini didukung oleh mesin turbofan WS-10 Taihang buatan dalam negeri dan menggabungkan teknologi baru yang menampilkan badan pesawat komposit, sistem peringatan rudal (MAWS), dan penerima peringatan radar (RWR).

Melansir The EurAsian Times, Sabtu (25/9/2021), lembaga think tank Inggris, Royal United Services Institute, menyebut J-16 sebagai “pesawat multiperan dan serang China yang paling mumpuni”.

Baca Juga: Sempat Meleng Karena Covid-19, Negara-negara Asia Tenggara Termasuk Indonesia Syok Setelah Cek Persaingan Senjata Udara di Laut China Selatan, Tak Terbendung dan Makin Mematikan!