Penulis
Intisari-Online.com -Perusahaan milik negara China memiliki kepentingan utama di dua pelabuhan Uni Eropa.
Hal itu membuat para komandan senior NATO khawatir.
Dua pelabuhan Eropa yang dimaksud adalah Valencia di Spanyol dan Vado di Italia.
Pelabuhan-pelabuhan yang dilaporkan telah disusupi oleh infiltrasi China ini adalah pelabuhan strategis utama bagi NATO.
Melansir Express.co.uk, Selasa (21/9/2021), Sekretaris Jenderal NATO menyatakan: "China semakin dekat dengan kami.
"Kami melihat itu di Kutub Utara.
"Kami melihat mereka banyak berinvestasi dalam infrastruktur penting di Eropa, dan kami melihat tentu saja China juga beroperasi di dunia maya."
NATO menerbitkan dokumen untuk mempelajari perkembangan ekspansionis baru-baru ini dari China.
Studi tersebut menyatakan bahwa NATO "mengakui bahwa pengaruh China yang berkembang dan kebijakan internasional menghadirkan peluang dan tantangan yang perlu kita tangani bersama sebagai Aliansi".
Dokumen tersebut, yang disebut NATO 2030, mendapat tanggapan keras dari Beijing.
Politbiro Partai Komunis China menanggapi dengan mengatakan NATO menciptakan “alasan untuk memanipulasi politik blok, menciptakan konfrontasi, dan memicu persaingan geopolitik”.
Ia menambahkan: "Jika ada yang ingin menimbulkan 'tantangan sistemik' kepada kami, kami tidak akan tetap acuh tak acuh."
China menggunakan sejumlah besar cadangan mata uang asingnya untuk berinvestasi dalam mengembangkan infrastruktur di pelabuhan asing.
Ini adalah bagian dari Inisiatif Sabuk dan Jalan (Belt and Road Initiative) Presiden China Xi Jinping.
Inisiatif Sabuk dan Jalan adalah proyek kebijakan luar negeri China yang bernilai triliunan dolar.
Proyek ini telah mengamankan peran kunci di pelabuhan strategis di seluruh dunia.
Pergerakan ke Eropa adalah bagian dari upaya Beijing untuk mengamankan kendali rute perdagangan global.
Perusahaan China Cosco Shipping Ports dan China Merchants Port Holdings, telah banyak berinvestasi di pelabuhan Mediterania.
Berbicara kepada Foreign Policy, Neil Davidson, seorang analis senior untuk pelabuhan dan terminal di Drewry, konsultan maritim, mengatakan: “Untuk pihak seperti Cosco, kesepakatan itu masuk akal secara finansial, dan mereka dapat membuat tuan dan majikan mereka di Beijing bahagia karena cocok dengan narasi Belt and Road.
“Di bagian bawah, ada landasan geopolitik untuk banyak hal ini.”