Find Us On Social Media :

Dilarang Selama Pendudukan Indonesia, Timor Leste Menghidupkan Kembali Praktik Leluhur yang Satu Ini, Libatkan Pengorbanan Demi Lingkungan

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 19 September 2021 | 10:31 WIB

Ritual Tara Bandu, tradisi kuno dan unik di Timor Leste.

Intisari-Online.com - Berdasarkan laporan Mongabay, pada pagi hari tanggal 20 Agustus 2012, sekitar 150 pria, wanita dan anak-anak berkumpul di desa Biacou, di utara Timor-Leste.

Mereka berkumpul di tempat suci yang disebut Oho-no-rai untuk ambil bagian dalam upacara peresmian tara bandu desa, hukum adat yang secara kolektif disebut Maubere.

Hukum ini mengatur bagaimana orang berinteraksi dengan lingkungan lokal mereka.

Belasan pria mengenakan sarung tradisional dan hiasan kepala berbulu berdiri di sekitar tiang kayu tempat seekor kambing diikat, sementara sisanya duduk melingkar di dekatnya, menonton.

Baca Juga: Orang Inggris Kebingungan, Tanpa Disadari Banyak Orang Timor Leste Ternyata Mengais Rejeki di Inggris, Terkuak Cara Mereka Masuk Inggris Bahkan Nyaris Tak Diketahui Orang Eropa

Francisco Talimeta, tetua desa, memercikkan air ke kambing dan merapalkan doa.

Dia kemudian membunuh hewan itu dengan menusuk jantungnya menggunakan tombak besi yang tajam.

Pengorbanan itu memicu tepuk tangan dan sorak-sorai di antara orang banyak: tumpahan darah membuat tempat itu lulik, atau suci, dan memungkinkan komunikasi dengan roh leluhur.

Talimeta meneliti jeroan kambing untuk mencari tanda-tanda bahwa Rai na'in dan Tasi na'in , roh Maubere tanah dan roh laut, masing-masing, menyetujui niat desa untuk memperbarui hukum tara bandu.

Baca Juga: Orang Timor Leste Mengumpulkan Tulang Sisa Jenazah Korban Konflik selama Pendudukan Indonesia Dalam Sarung untuk 'Penyembuhan'