Find Us On Social Media :

Peduli Setan dengan Amerika yang Ogah Akui Afghanistan, China Langsung Beri Suntikan Rp441 Miliar ke Taliban Demi Tujuan Ini

By Tatik Ariyani, Kamis, 9 September 2021 | 16:08 WIB

Presiden China Xi Jinping - China sedang giat menyebarkan propagandanya ke dunia

Intisari-Online.comChina adalah salah satu negara pertama yang menjalin kontak dengan Taliban, setelah kelompok itu menguasai hampir seluruh Afghanistan bulan lalu.

Kedutaan Besar China di Kabul tetap buka.

Taliban menggambarkan China sebagai "mitra paling penting Afghanistan dan berharap China akan berinvestasi dan membantu dalam rekonstruksi negara".

Namun Beijing sejauh ini tidak mengakui pemerintah Taliban, meskipun ada rumor bahwa China siap menggantikan AS di Afghanistan.

Baca Juga: Dimusuhi Satu Dunia, Taliban Sekuat Tenaga Cari Sekutu Lain Selain China, Sebut Mau Kerja Sama dengan Negara Manapun Termasuk Amerika, Hanya 1 Negara Ini yang Mereka Musuhi

Zhang Jiadong, seorang profesor hubungan internasional di Universitas Fudan di Shanghai, mengatakan kurangnya harmoni antara pemerintah yang didirikan oleh Taliban dan dampak negatif pada sikap China terhadap kelompok itu adalah negatif.

“Pemerintah baru tidak memiliki pejabat Afghanistan di pemerintahan lama atau perwakilan dari faksi lain. Jika hanya pemerintah Taliban sendiri, sangat sulit untuk memenuhi permintaan dari China," kata Zhang.

Li Shaoxian, direktur Institut Studi China-Arab di Universitas Ningxia, mengatakan posisi kabinet mencerminkan "struktur kekuatan Taliban yang seimbang", tetapi beberapa anggota masuk dalam daftar sanksi Amerika.

Li mengatakan Taliban masih bisa mengubah posisi di pemerintahan dan menyarankan bahwa "masyarakat internasional harus menunggu sampai pemerintah secara resmi dibentuk" untuk memutuskan apakah akan mengakuinya.

Baca Juga: Banyak yang Tidak Takut Meski Wajahnya Ditodong Senapan M-16, Taliban Pilih Menahan Puluhan Wanita di Ruang Bawah Tanah, Alasannya Sungguh Konyol