Find Us On Social Media :

Resmi Jadi Penguasa Afghanistan, Inilah Dampak yang Akan Terjadi di Beberapa Negara di Asia Tenggara, Termasuk Indonesia Disebut-Sebut Bisa Alami Hal Ini

By Afif Khoirul M, Rabu, 8 September 2021 | 17:48 WIB

Taliban berbicara di depan awak media Al-Jazeera.

 

Intisari-online.com - Taliban resmi mengumumkan pemerintah baru yang akan memimpin Afghanistan.

Ini sekaligus menandai era baru Afghanistan sejak 20 tahun Taliban berjuang untuk menguasai negara itu kembali.

Ternyata, ini akan berdampak besar bahkan negara Asia Tenggara terutama Indonesia akan mengalami dampak.

Menurut Chanel News Asia, jika pasukan Barat tidak menyerang Taliban di masa depan, Asia Tenggara mungkin tidak akan menderita serangan teroris, ungkap pakar kontra-terorisme Indonesia.

Baca Juga: Setelah Jadikan China Sekutu Paling Penting, Kini Taliban Incar Jerman untuk Kerja Sama, Sampai Berikan Tawaran Menggiurkan Ini ke Angela Merkel, Akankah Diterima?

Begitu Taliban menguasai Afghanistan, seorang pejuang yang tergabung dalam kelompok ini di Indonesia mengatakan bahwa kemenangan adalah sebuah "inspirasi", menurut Noor Huda Ismail, pendiri International Peace-Building Institute Indonesia.

Beberapa pengamat keamanan mengatakan kemenangan Taliban dapat mendorong kelompok pemberontak di Indonesia.

Namun Noor Huda Ismail yang telah mewawancarai ratusan pemberontak di Asia Tenggara (Asia Tenggara), tidak setuju memiliki sudut pandang yang berbeda.

Jika Amerika mencoba untuk menggulingkan atau menyerang Taliban lagi, "kelompok radikal di kawasan Asia Tenggara akan membalas dendam."

Baca Juga: Ditemukan 128 Tahun Kemudian, Senapan Inggris yang Hilang pada Pertempuran Maiwand Tahun 1880 ini oleh Tentara Inggris di Afghanistan, Jadi Barang Antik Para Kolektor Senjata