Find Us On Social Media :

DNA Ungkap Nasib Sebenarnya dari Bangsa Kanaan Penghuni Kota Sodom dan Gomora yang Konon Ditumpas Habis oleh Israel hingga Tak Bersisa

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 8 September 2021 | 09:20 WIB

Alkitab telah berkali-kali mengisahkan orang-orang Kanaan.

Intisari-Online.com - Orang-orang yang tinggal di daerah yang dikenal sebagai Levant Selatan - yakni Israel, Otoritas Palestina, Yordania, Lebanon, dan sebagian Suriah - selama Zaman Perunggu (sekitar 3500-1150 SM) disebut dalam teks-teks Alkitab sebagai orang Kanaan

Mereka digambarkan sebagai orang-orang yang tidak bermoral, menyembah berhala, dan mengorbankan anak-anak sehingga akhirnya Tuhan pun memerintahkan orang-orang Israel untuk menumpas mereka semua hingga tidak bersisa sama sekali.

Namun, studi terbaru menunjukkan bahwa gen orang-orang Kanaan masih bisa ditemukan hingga sekarang.

Dipublikasikan dalam jurnal American Journal of Human Genetics, para peneliti berhasil mengambil dan mengurutkan DNA dari lima orang yang hidup di kota Sidon, Kanaan sekitar 3.700 tahun yang lalu.

Setelah dibandingkan dengan DNA dari 99 orang Lebanon, para peneliti menemukan kecocokan sebesar 90 persen.

Baca Juga: Bengisnya Sama dengan Nazi, Bangsa Ini Ternyata Pernah Bantai 500.000 Orang Yahudi dan Membuatnya Menghilang Selama 2.000 Tahun, Bagaimana Kisahnya?

Salah satu peneliti, Dr Marc Haber dari Wellcome Trust Sanger Institute, mengatakan kepada The Independent 28 Juli 2017, orang-orang Lebanon saat ini adalah keturunan langsung dari orang-orang Kanaan, tetapi mereka juga memiliki sedikit gen yang berasal dari pendatang-pendatang Asyur, Persia, dan Makedonia.

Orang-orang Kanaan adalah penghuni kota Sodom dan Gomora yang disebut di dalam Alkitab dimusnahkan menggunakan api dan hujan belerang.

Lalu, ketika berada di tanah Kanaan, mereka juga berperang dengan orang-orang Israel.

Selain bangsa Kanaan, orang-orang ini juga dikenal sebagai bangsa Fenisia yang pandai melaut dan berdagang.

Baca Juga: Jadi Rebutan Dua Umat Agama, Inilah Sejarah Tembok Ratapan dalam Al Quran dan Perannya untuk Nabi Muhammad SAW