Find Us On Social Media :

Khalid Bin Walid, Awalnya Musuh Muslim Paling Sengit dari Kaum Quraisy Menjadi Pemimpin Terbesar Islam Sepanjang Masa hingga Dijuluki 'Pedang Allah'

By Muflika Nur Fuaddah, Kamis, 6 Mei 2021 | 03:30 WIB

Khalid bin Walid

Intisari-Online.com - Awalnya merupakan musuh tentara Muslim, bagaimana bisa Khalid bin Walid pejuang sengit dari Quraisy menjadi salah satu pemimpin militer terbesar Islam sepanjang masa.

Bahkan dia mendapatkan gelar oleh Nabi Muhammad sebagai "Pedang Allah"

Sebelum masuk Islam, Khalid berada di balik kekalahan pahit tentara Muslim dalam pertempuran Uhud.

Dalam pertemuan militer ini, suku-suku Makkah ingin membalas dendam atas kekalahan mereka dalam pertempuran Badar, ketika hampir 300 ratus umat Islam berhasil mengalahkan ribuan tentara mereka yang bertempur.

Baca Juga: Ziryab ‘Burung Hitam’, Tokoh Muslim Berkulit Hitam dari Abad Pertengahan, Perkenalkan Gaya Hidup, Mode, Funitur, Peralatan Makan, Hingga Cara Bersantai

Kekalahan Muslim di Uhud didalangi oleh Khalid, mengingat kemampuannya untuk mengubah kekalahan perang menjadi kemenangan gemilang.

Dikatakan bahwa rasulullah menempatkan sekelompok pemanah di bukit terdekat untuk memberikan perlindungan ke belakang tentara Muslim.

Mereka menerima instruksi secara khusus untuk tidak meninggalkan pos mereka dalam kondisi apapun.

Dan ketika pasukan Muslim semakin mendekati kemenangan, para pemanah mengira mereka dapat meninggalkan posisi mereka, memberi isyarat kepada Khalid kesempatan penting untuk membalas.

Baca Juga: Dicap Saling Bermusuhan, Nyatanya Para Umat Muslim Bersatu untuk Selamatkan Orang Yahudi Selama Pembantaian Holocaust, 'Tanpanya, Aku dan Ibuku Bisa Langsung Terbunuh'