Find Us On Social Media :

Hati-Hati!, Dunia Kembali Terancam Dengan Varian Baru Covid-19 Bernama Mu, Benarkah Varian Ini Bakal Lebih Berbahaya Dari Varian Delta, Ini Penjelasan Ilmuwan!

By Afif Khoirul M, Jumat, 3 September 2021 | 18:03 WIB

Ilustrasi Covid-19

Intisari-online.com - Belakangan dunia kembali digegerkan dengan munculnya varian baru Covid-19 yang disebut dengan varian Mu.

Pada 31 Agustus Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengtakan ada varian baru bernama varian MU, yang masuk ke dalam varian luar biasa.

Varian ini muncul di tengah kekhawatiran masyarakat, bahwa varian ini bisa melemahkan antibodi pada tubuh manusia yang telah divaksinasi.

Menurut WHO, "varian penting" didefinisikan sebagai varian dengan perubahan genetik yang diketahui dan mempengaruhi karakteristik virus tertentu.

Baca Juga: Gunakan Penelitian yang Dilakukan Indonesia, Media China Ini Sesumbar Banggakan Keampuhan Vaksin Sinovac 95 Persen Ampuh Mencegah Kematian dari Covid-19, Ini Penjelasannya!

Seperti, tingkat keparahan penyakit, kemampuan untuk menghindari kekebalan, menghindari diagnosis atau pengobatan, kemungkinan penularan.

Ini memiliki efek epidemiologi yang jelas yang mewakili risiko baru bagi kesehatan masyarakat global.

Varian Mu, dikenal sebagai B.1.621 pertama kali ditemukan di Kolombia pada bulan Januari dan kemudian di Ekuador.

Sejak itu, infeksi dan wabah varian Mu telah muncul berkali-kali dan sekarang telah menyebar ke sekitar 40 negara di Amerika, Eropa, dan Asia (Inggris, Belgia, Prancis, AS, Kanada, Jepang, zona khusus Hong Kong).

Baca Juga: Heboh! Pasien Covid-19 Tagih Rp488 Juta, Manajemen Rumah Sakit Medan Beberkan Kejadian Sebenarnya, 'Tidak Semua Di-cover Kemenkes'