Find Us On Social Media :

Gunakan Penelitian yang Dilakukan Indonesia, Media China Ini Sesumbar Banggakan Keampuhan Vaksin Sinovac 95 Persen Ampuh Mencegah Kematian dari Covid-19, Ini Penjelasannya!

By Afif Khoirul M, Jumat, 3 September 2021 | 16:01 WIB

Sinovac tak disebut Bappenas sebagai vaksin dengan efikasi tinggi, yang saat ini dibutuhkan Indonesia dalam mengendalikan Covid-19 di bulan ini.

Intisari-online.com - Vaksin Sinovac China memang menjadi vaksin yang paling banyak dibagikan ke rakyat Indonesia saat ini.

Namun tingkat efektivitas vaksin ini masih diragukan hingga saat ini, terlebih jika dibandingkan vaksin lain.

Media Asal China Xinhua.net, sempat mengutip hasil penelitian di Indonesia yang meyebut vaksin ini memiliki keampuhan tinggi.

Dalam artikelnya, Xinhua mengatakan, "studi Indonesia menunjukkan Sinovac 95% aktif melwan kematian Covid-19 di kalangan lansia.

Baca Juga: Jadi Negara Pertama yang Berani Campur Vaksin China dan Vaksin Barat Ini, Beginilah Kondisi Orang-orang Thailand Setelah Disuntik Vaksin Kombinasi Tersebut

Studi yang dilakukan pada 9 Agustus 2021, dilakukan oleh Kementerian Kesehatan Indonesia.

Menunjukkan bahwa vaksin Sinovac China terbukti efektif melindungi mereka yang berusia di atas 60 tahun dari gejala Covid-19 dan dari kematian akibat penyakit tersebut.

Studi kementerian itu bertujuan untuk memeriksa efektivitas vaksin Sinovac, dan mengukur seberapa baik kerjanya ketika diberikan kepada orang tua di masyarakat di luar uji klinis.

Vaksin Sinovac, juga dikenal sebagai CoronaVac, memiliki tingkat kemanjuran 65,3 persen seperti yang diumumkan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) pada Januari untuk izin penggunaan darurat (EUA).

Baca Juga: Pantesan Dunia Mencak-mencak dengan Sikap Semena-mena China Buat Aturan Ilegal di Laut China Selatan Ini, Rupanya Aturan Ini Sangat Berbahaya Bahkan Bisa Memicu Perang