Find Us On Social Media :

Pulihkan Industri Kreatif di Tengah Pandemi, Sejumlah Daerah Lakukan Inovasi Ini

By Yussy Maulia, Jumat, 3 September 2021 | 12:28 WIB

Dialog virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) KPCPEN, Kamis (2/9/2021).

Intisari-Online.com - Situasi pandemi telah memberikan dampak negatif terhadap beragam sektor di Indonesia. Tak terkecuali, sektor industri ekonomi kreatif (ekraf).

Di tengah keterbatasan aktivitas, sebagian besar keberlangsungan industri ekraf tidak dapat terlepas dari kegiatan tatap muka yang berisiko menimbulkan kerumunan. Oleh karenanya, diperlukan solusi agar industri ekraf tetap mampu bertahan meski di tengah keterbatasan tersebut.

Dalam dialog virtual Forum Merdeka Barat 9 (FMB9) Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC PEN), Kamis (2/9/2021), sejumlah pemerintah daerah pun membeberkan sejumlah inovasi yang dilakukan untuk memulihkan industri ekraf di tengah pandemi.

Sebagian besar inovasi dilakukan dengan bantuan teknologi digital. Bahkan, pemerintah daerah terus memastikan ketersediaan perangkat teknologi hingga tingkat kelurahan agar para pelaku industri ekraf dapat memasarkan produk melalui platform online.

Baca Juga: Pastikan Penyaluran Bansos Cepat dan Tepat Sasaran, Pemerintah Kolaborasi dengan Banyak Pihak

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyebut, bantuan teknologi digital telah berhasil memberikan banyak peluang bagi para pelaku industri ekraf di Jawa Barat. Bahkan, pendapatan mereka naik hingga 3-4 kali lipat di masa pandemi.

Berbagai dukungan juga terus dilakukan oleh Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat, seperti bantuan sosial tunai dan sembako, program permodalan usaha, dan pembukaan jalur distribusi baru hingga ke pasar internasional.

Saat ini, Pemprov Jawa Barat juga menyediakan ruang interaksi bersama yang dapat dimanfaatkan oleh para pelaku industri ekraf.

Salah satunya, Creative Center yang merupakan wahana kreasi bagi generasi muda. Fasilitas ini tersedia khususnya untuk warga Bandung, Bogor, Subang, dan sekitarnya.

Baca Juga: Tekan Angka Positivity Rate Covid-19, Satgas Covid-19 Imbau Masyarakat Tetap Disiplin Prokes

Selain itu, ada pula Bandung Creative Zone yang dapat digunakan sebagai ruang perkantoran bagi para pelaku usaha start-up.

"Pelaku industri ekraf di Jawa Barat yang membutuhkan bantuan dapat melalui dinas terkait atau menghubungi media sosial saya," ujar Ridwan Kamil melalui keterangan resmi yang diterima Intisari, Jumat (3/9/2021).