Find Us On Social Media :

Telah Berakhir! Hari Ini Pasukan AS Terakhir Ditarik dari Afghanistan, Akhiri Evakuasi dan Perang Puluhan Tahun, Bagaimana Nasib Warga Afghanistan yang Tinggal?

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 31 Agustus 2021 | 09:20 WIB

Tentara Amerika terakhir meninggalkan Afghanistan.

Intisari-Online.com – Telah berakhir, evakuasi militer AS dari bandara utama di Kabul, bersamaan dengan perang hampir 20 tahun di Afghanistan.

Jenderal Frank McKenzie, Kepala Kompando Pusat AS mengatakan pada Senin (30/8/2021), bahwa C-17 Globemaster III terakhir lepas landas beberapa menit sebelum tengah malam waktu Kabul.

Waktu itu merupakan awal di tanggal 31 Agustus, yang merupakan batas akhir waktu penarikan Amerika Serikat.

Dan inilah untuk pertama kalinya sejak akhir 2001, beberapa minggu setelah serangan 11 September, tidak ada lagi anggota militer AS di Afghanistan.

Baca Juga: 'Semua Pasukan Amerika Telah Meninggalkan Afghanistan, Kami Sangat Senang'

"Ada banyak patah hati yang terkait dengan kepergian ini," kata McKenzie.

"Kami tidak mengeluarkan semua orang yang ingin kami keluarkan, tetapi saya pikir jika kami bertahan 10 hari lagi, kami tidak akan mengeluarkan semua orang yang kami inginkan."

Setelah C-17 terakhir lepas landas dari Kabul, dilaporkan secara online, adanya tembakan perayaan dari Taliban yang muncul.

Minggu-minggu terakhir perang adalah salah satu yang paling sulit bagi militer AS.

Baca Juga: Baru Kemarin Sore Berkuasa di Afhanistan, Taliban Kini Dibuat Kelabakan dengan Hal Ini, Semua Bank Tutup Rakyatnya Kehabisan Uang, Taliban Bingung Harus Lakukan Apa?