Find Us On Social Media :

Di Indonesia Terus Dipakai Meski Efek Sampingnya yang 'Lebih Nampol', Vaksin Moderna Kini Malah Ditangguhkan di Jepang, Sampai Picu 'Penyelidikan Segera'

By Ade S, Kamis, 26 Agustus 2021 | 19:37 WIB

Vaksin Moderna untuk masyarakat umum.

Intisari-Online.com - Vaksin Moderna yang viral usai disebut memiliki efek samping lebih keras dibanding vaksin lain kini malah dihentikan penggunaannya di Jepang.

Bahkan, penghentian yang mendadak tersebut juga disebut-sebut akan diiringi oleh sebuah 'penyelidikan yang dilakukan dengan segera'.

Apa yang menjadi penyebabnya? Sebelumnya mari kita simak terlebih dahulu tentang efek samping vaksin Moderna yang ramai diperbincangkan.

Seperti diketahui, sejumlah warganet mengeluhkan tentang efek samping dari vaksin Moderna yang disebut lebih 'terasa' dibanding vaksin Covid-19 lainnya.

Baca Juga: Vaksin Moderna Mulai Digunakan, Ini Dua Kelompok yang Boleh Menggunakannya, Apa Saja Syarat Mendapatkannya?

Ada yang mengeluhkan nyeri berlebih di bekas suntikan, ada yang mengklaim pusing, ada pula yang menyebut mengalami badan sakit dan tekanan darah naik.

Selain itu, ada juga yang menyebutkan munculnya bercak merah di tangan dan kaki setelah mendapatkan suntikan vaksin Moderna.

Baca Juga: Hasil Tinjauan Komite Keamanan Obat Eropa: Vaksin Pfizer dan Moderna Berisiko Munculkan Peradangan Jantung!