Find Us On Social Media :

Australia Memang Cekatan Menangani Covid-19 di Negaranya, Tapi Justru Biarkan Timor Leste 'Megap-megap' Makan Janji Vaksin hingga Disikut China

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 24 Agustus 2021 | 19:43 WIB

Timor Leste Lalui Fase Terburuk Covid-19,

Intisari-Online.com - Vaksinasi di Timor Leste terhitung lambat, hal ini disebabkan karena politik yang menyeret negara tersebut.

Timor Leste sudah lama bergantung pada Australia, tak terkecuali dalam urusan vaksinasi Covid-19.

Sayangnya Australia tidak segera memberikan vaksin kepada Timor Leste.

Timor Leste baru saja melewati tahap terburuk dari pandemi Covid-19 yang ada di negaranya.

Melansir Tribunnews.com, Selasa (24/8/2021), dalam analisis periode antara 16 dan 22 bulan ini, dokumen tersebut menunjukkan bahwa ada 1.651 kasus baru covid-19, 54 rawat inap pasien dalam kondisi serius atau sedang dan 18 kematian, yang menjadikan Agustus sebagai bulan paling mematikan secara keseluruhan pandemi di Bumi Lorosa'e.

Baca Juga: Seantero Warganya Gempar Gara-gara Video Bayi Afghanistan 'Ditenteng' Tentara AS, Faktanya Indonesia Justru Diklaim Pernah Lakukan Hal Lebih Keji pada Bayi-bayi Timor Leste, Dirampas dari Tanah Kelahirannya

Sejak 1 Maret, 365 orang memerlukan rawat inap, 54 di antaranya dalam minggu terakhir saja, dalam "jumlah kasus mingguan tertinggi sejak awal pandemi".

Analisis mingguan ini disusun Pilar 3 Kemenkes bersama “satgas” Pencegahan dan Mitigasi Covid-19 di Ruang Situasi Integrated Center for Crisis Management (CIGC).

Institut Kesehatan Nasional Timor, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tim Dukungan Medis Australia (AusMAT) dan Sekolah Penelitian Kesehatan Menzies, yang mendukung Laboratorium Nasional Timor di Dili dalam pengujian covid-19, juga berpartisipasi dalam penelitian ini.

Baca Juga: Sebagian Besar Biaya Dihabiskan untuk 'Barlake', dari pada Emas Ternyata Ini Sederet Mahar yang Biasanya Diberikan oleh Pengantin Pria dalam Tradisi Pernikahan Timor Leste