Find Us On Social Media :

Berlagak Sebut Rupiah Hanya untuk Orang Miskin, Faktanya Timor Leste Sampai Harus Impor Koin dari Bekas Penjajahnya Sendiri Gara-gara Keteteran dengan Biaya Penukaran Mata Uang yang Dibanggakannya

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 20 Agustus 2021 | 17:11 WIB

(Illustrasi) Mata uang Timor Leste

Intisari-Online.com - Sejarah Timor leste merdeka dimulai tahun 1999 saat dilakukan Referendum pemisahan diri Timor Timur diizinkan Presiden BJ Habibie pada Agustus 1999.

Baru pada 20 Mei 2002 terbentuklah negara Timor Leste sebagai negara dengan kedaulatan penuh, lepas dari Republik Indonesia.

Hanya saja sejak nama Timor Timur berubah menjadi Republik Demokratik Timor Leste, mata uang dolar Amerika Serikat dipakai dan juga Rupiah Indonesia.

Dolar menggantikan rupiah Indonesia pada tahun 2000 sebagai mata uang yang digunakan dalam transaksi resmi.

Baca Juga: Dulu Pernah Berperang dengan Indonesia, Kini Jadi Pasukan Bersenjata Resmi, Terkuak Inilah Kekuatan Militer Timor Leste yang Jarang Diketahui Dunia

Pada tahun 2003, dolar diperkenalkan ke ekonomi umum sebagai mata uang resmi negara.

Sekarang Dollar AS bersama dengan dolar Australia dan Escudo, sudah jadi mata uang Timor Leste di kalangan ekonomi elit yang mengelilingi operasi UNTAET dan lembaga-lembaga bantuan lainnya.

Namun dilaporkan bahwa rupiah masih dipakai oleh kebanyakan warga miskin yang tinggal di wilayah hancur dan terpinggirkan.

Padahal Timor Leste bahkan harus impor uang dengan biaya tinggi.

Baca Juga: Pernah Jadi Bagian Indonesia, Ternyata Rupiah Masih Digunakan di Timor Leste, Tetapi Hanya Orang Miskin yang Memakainya Sedangkan Orang Kaya Gunakan Dollar AS, Kok Bisa?