Find Us On Social Media :

Kisah Misteri Kematian Amy Robsart, Adakah Hubungannya dengan ‘Permainan Cinta’ Ratu Elizabeth I yang Dikatakan ‘Tetap Perawan’ Itu?

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 18 Agustus 2021 | 09:55 WIB

Misteri kematian Amy Robsart.

Intisari-Online.com – Selama lebih dari 400 tahun, sejarawan mencoba untuk mengungkap kematian misterius Amy Robsart.

Apakah suaminya, Robert Dudley, dan mungkin Elizabeth I, ada hubungannya dengan misteri kematian tersebut?

Robert Dudley, Earl of Leicester, dan Ratu Elizabeth I bermain bersama seperti halnya anak-anak lain, tetapi hubungan mereka mungkin semakin dalam saat keduanya dipenjarakan di Menara London oleh Mary Tudor.

Mary kemudian mengeksekusi ayah Dudley, Duke of Northumberland, dan saudaranya, Guiford Dudley, atas rencana keluarga untuk mengangkat Lady Jane Gray di atas takhta pada awal 1553.

Baca Juga: Dijuluki 'Ratu Perawan', Ini Kisah Ratu Elizabeth I yang Diduga Sebenarnya Memiliki Kekasih Hati hingga Banyak Rumor yang Menimpa Dirinya

Mary membebaskan Robert dari penjara pada Oktober 1554.

Sementara Elizabeth, dituduh berkomplot melawan Ratu Mary, saudara tirinya, dengan Pemberontakan Wyatt pada Februari 1554, yang secara ajaib lolos dari murka Mary.

Pada bulan Mei, Mary mengirim Elizabeth ke Woodstock, dan menjadi tahanan rumah selama satu tahun lagi.

Selama empat bulan penahanan mereka di Menara London, Elizabeth dan Dudley memiliki banyak waktu untuk menikmati kebersamaan mereka satu sama lain.

Baca Juga: Dipanggil 'Ratu Perawan', Beginilah Kisah Ratu Elizabeth I yang Memerintah Inggris Setengah Abad Meski Dia 'Anak Haram' dari Ibu yang Dipenggal Akibat Kekejaman Ayahnya