Find Us On Social Media :

Bukan Karena Alatnya yang Mahal atau Praktik Medisnya yang Sulit, Terkuak Inilah Alasan Tes PCR di Indonesia Harganya Bisa Selangit, Faktor di Luar Medis Ini Penyebabnya

By Tatik Ariyani, Minggu, 15 Agustus 2021 | 16:10 WIB

Ilustrasi tes PCR untuk Covid-19

Intisari-Online.com - Baru-baru ini, tengah ramai diperbincangkan masyarakat tentang perbandingan mencolok perihal harga tes PCR di India yang jauh lebih murah dengan Indonesia.

Mengutip pemberitaan Kompas.com, 14 Agustus 2021, harga tes PCR di India turun dari 800 Rupee atau sekitar Rp 150.000 menjadi 500 rupee atau sekitar Rp 96.000.

Dikutip dari Skytrax Ratings, harga tes PCR India untuk harga tes PCR di bandara memang cenderung paling murah di dunia.

Baca Juga: Dari Rp96 Ribu Hingga Tembus Rp5 Juta, Apa Sebenarnya yang Bikin Harga Tes PCR Berbeda-beda? Benarkah Tergantung Pemerintah?

Tarif tertinggi tes PCR adalah tes di Bandara Internasional Kansai di Jepang di mana harganya adalah 404 dollar AS atau sekitar Rp 5,6 juta.

Adapun yang paling murah adalah di Bandara Mumbai India yakni hanya 8 dollar AS atau sekitar Rp 127.320.

Melansir Tribunnews, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) turut memberikan tanggapan terkait dengan adanya perbedaan harga pelayanan test swab PCR yang cukup tinggi antara di Indonesia dengan beberapa negara lain termasuk India.

Baca Juga: Cukup Lakukan Isolasi Mandiri Ketika Hasil PCR Positif Covid-19, Begini Panduan Isoman di Rumah dan Cara Dapatkan Obatnya, Haruskah Lakukan PCR Ulang Setelah Selesai Isoman?