Find Us On Social Media :

Dari Rp96 Ribu Hingga Tembus Rp5 Juta, Apa Sebenarnya yang Bikin Harga Tes PCR Berbeda-beda? Benarkah Tergantung Pemerintah?

By Ade S, Minggu, 15 Agustus 2021 | 12:15 WIB

Ilustrasi tes PCR untuk Covid-19

Intisari-Online.com - Topik tentang perbandingan harga tes PCR untuk Covid-19 di Indonesia dan di India tengah ramai diperbincangkan.

Hal ini dipicu oleh kebijakan India untuk memangkas jauh harga tes PCR di negaranya.

Melansir India Today, harga tes PCR di negara tersebut turun hampir setengahnya dari 800 Rupee menjadi 500 Rupee atau sekitar Rp96.000.

"Pemerintah Delhi mengurangi harga tes Corona secara drastis demi membantu orang biasa," demikian penjelasan dari Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal melalui linimasa Twitter.

Baca Juga: Cukup Lakukan Isolasi Mandiri Ketika Hasil PCR Positif Covid-19, Begini Panduan Isoman di Rumah dan Cara Dapatkan Obatnya, Haruskah Lakukan PCR Ulang Setelah Selesai Isoman?

Tentu saja hal ini membuat warga Indonesia merasa biaya tes PCR di tanah air terlalu mahal, bahkan hampir 10 kali lipatnya.

Seperti diketahui, merujuk pada Surat Edaran nomor HK. 02.02/I/3713/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Real Time Polymerase Chain Reaction (RT-PCR), batas tertinggi dari harga tes PCR adalah Rp900 ribu.

Beberapa warganet pun kemudian mengomentari jomplangnya harga tes PCR di India dengan di Indonesia.

Baca Juga: Bikin Malu, Pasien Covid-19 Indonesia yang Berkeliaran dengan Hasil PCR Istrinya Ini Sampai Diberitakan Media Luar, Begini Isinya