Find Us On Social Media :

Pantesan Kewalahan, Cuma Lawan Taliban tapi Sempoyongan, Ternyata Selain Begitu Lemahnya Militer Afghanistan, Hal Inilah yang Membuatnya Dipecundangi Taliban

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 15 Agustus 2021 | 15:55 WIB

Militan Taliban yang dibebaskan oleh pemerintah Afghanistan

Intisari-Online.com - Ekspansi Taliban yang cepat memperjelas bahwa upaya AS untuk mengubah tentara Afghanistan menjadi kekuatan tempur yang kuat dan independen telah gagal.

Negara Barat sudah menggelontorkan sejumlah besar uang ke pasukan Afghanistan selama 15 tahun terakhir.

Amerika Serikat saja rela keluarkan $88 miliar atau sekitar Rp1.264 triliun, dengan harapan membuat pemerintah Afghanistan mandiri melawan Taliban.

Namun, setelah Presiden AS Joe Biden memutuskan untuk menarik pulang pasukan AS yang tersisa, 300.000 tentara Afghanistan dengan cepat jatuh 'sempoyongan.'

Baca Juga: Al-Qaeda Diprediksi 'Menggeliat' Bangkit dan Bisa Meruntuhkan Pemerintahan Afghanistan dalam 90 Hari, Menteri Pertahanan Ini Sebut 'Ulah' Donald Trump

Alih-alih melawan Taliban, mereka dipukul mundur dan kadang-kadang harus mundur lebih awal meskipun tidak ada pertempuran.

Melansir 24h.com.vn, Sabtu (14/8/2021), selama tiga bulan terakhir, Taliban sendiri dikejutkan oleh keruntuhan yang cepat di banyak daerah.

Termasuk dua ibu kota provinsi paling penting di negara itu: Kandahar dan Herat.

Kekalahan militer yang mengejutkan, yang dianggap sebagai landasan dukungan Barat untuk negara itu, telah mengejutkan baik warga Afghanistan maupun pendukungnya.

Baca Juga: Ditinggal Pasukan Amerika, Mendadak Militer Inggris Malah Kirim Ratusan Tentara Bersenjata Lengkap ke Afghanistan, Mau Perang dengan Taliban?